Wisuda VI, HM Djamaluddin Dorong Unham Terus Berinovasi

Lombok Timur, MetroNTB.com – Universitas Hamzanwadi (Unham) mewisuda 906 wisudawan/wisudawati program sarjana dan magister. Wisuda VI yang berlangsung khidmad dan tetap mematuhi protokol kesehatan, Sabtu 18 Desember 2021.

Ketua YPH PPD NWDI Pancor HM Djamaluddin, M.Kom menyampaikan selamat dan sukses kepada Universitas  Hamzanwadi atas terselenggaranya Wisuda VI tahun 2021.

Ia menyebutkan, tantangan penyelenggaraan PT, sejalan dengan mewabahnya Covid19 sejak awal 2020 dan Kebijakan MBKM menjadi semakin ketat dan menantang. Namun ia melihat Unham mampu berkompetisi secara sehat.

Dilihat dari sejumlah laporan, kata Djamaluddin, proses konsultasi, dan pemantauan langsung, yayasan menilai Universitas Hamzanwadi mampu menyesuaikan diri dengan konteks yang berkembang dan berubah.

Beberapa capaian diraih, justru pada saat kampus-kampus lain sedang mengalami gangguan kapasitas internal, yang berpengaruh pada aspek manajemen dan kelangsungan pengembangannya akibat wabah ini.

“Karena itu, yayasan senantiasa mendorong agar best practice ini dipertahankan dan terus dikembangkan sehingga dapat menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan yang terus terjadi dengan cepat di masa-masa yang akan datang,” paparnya Djamaliddin.

Sejumlah capaian yang sudah diraih, tentu saja bukan akibat dari hasil kerja sendiri, melainkan kerja sama berbagai pihak. Terima kasih kepada semua pihak yang telah menjalin kemitraan dengan Universitas Hamzanwadi, dengan harapan terus ditingkatkan pada masa yang akan datang.

“Capaian ini juga dapat menambah kepercayaan masyarakat atas kiprah Universitas Hamzanwadi sebagai PT lokal yang membanggakan kita semua,” sambung adik kandung TGB Zainul Majdi itu.

Ia mendorong manajemen internal Unham harus terus menerus berinovasi untuk peningkatan kapasitas, kecendekiaan, dan kesejahteraan masyarakat. Capaian yang diraih menjadi starting point untuk melangkah dalam tantangan yang lebih luas dan kompleks.

Pemenuhan standar dan kapasitas internal dimaksudkan untuk memenuhi aspek akuntabilitas badan penyelenggara dan pelaksana pendidikan tinggi kepada masyarakat dan pemerintah, dengan harapan meningaktnya kepercayaan sebagai badan penyelenggara dan pelaksana yang bertanggung jawab.

Selain bertanggungjawab memenuhi standar, setiap kampus, tidak kecuali Universitas Hamzanwadi bertanggung jawab mengambil peran pengembangan masyarakat secara partisipatif dengan stakeholders lainnya, dalam konteks tri dharma PT.

Tadi, kata Djamaluddin, ibu rektor menegaska, melalui kegiatan MBKM yang dikembangkan Unham berdampak terhadap penthahelix system ini, yakni meningkatnya peringkat agenda kemahasiswaan dalam akun Simkatmawa mencapai peringkat 165 nasional tahun 2021 dari seluruh PTN dan PTS di Indonesia.

“Kita sangat bersyukur atas pencapaian itu. Kedepan kita optimis lebih baik. Kepada alumni kita brrharap agar menjadi alumni Universitas Hamzanwadi dan YPH PPD NW Pancor yang selalu memberi manfaat dan terus membanggakan,” tutupnya (*)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here