UMKM Lobar dapat Pelatihan Literasi Keuangan Syariah dan Sertifikasi Halal dari Tazkia

Lombok Barat, MetroNTB.com – Setelah memberikan pelatihan di Mataram tepatnya di Hotel Lombok Plaza 20 Desember 2021. Tazkia bersama Bank NTB Syariah melakukan pelatihan lagi di Hotel Montana, Senggigi Lombok Barat.

Pelatihan tersebut dihadiri oleh berbagai organisasi UMKM di Nusa Tenggara Barat utamanya para pengusaha wanita NTB yang tergabung dalam beberapa organisasi, yaitu IWAPI, IPEMI, PERWIRA, WPMI dan GEMAWIRA.

Banyak materi menarik yang berguna untuk pengembangan UMKM, mulai dari pelatihan manajemen UMKM, perapihan pencatatan UMKM, pengembangan produk dan marketing hingga sertifikasi halal bagi UMKM.

Bagaimana tema yang diangkat dalam pelatihan literasi keuangan dan sertifikasi halal ini, seluruh materi disampaikan oleh para trainer handal dari bidangnya.

Seperti Muhammad Dimas Anugrah Dwi Satria yang merupakan kepala pusat studi dan PKM LPPM Tazkia sekaligus aktif sebagai staf ahli kemenparekraf.

Dimas menyampaikan mengenai tips-tips agar UMKM dapat naik kelas dan produknya bersaing baik di Kancah nasional hingga internasional, yaitu dengan membekali para UMKM materi bisnis model kanvas.

Setelah memberikan tips dan trik pengembangan, pada UMKM pun dibekali materi tentang sertifikasi halal.

Direktur Halal Center Tazkia Indra yang menyampaikan tentang regulasi sertifikasi halal yang baru bagi UMKM serta informasi-informasi terbaru lainnya mengenai sertifikasi halal.

Pelatihan tersebut bukan hanya bersifat teoritis, karena Halal Center Tazkia pun langsung memberi pelatihan dan pendampingan teknis mulai dari persiapan berkas pengajuan sertifikasi halal hingga teknis pengajuan di wesite SIHALAL BPJPH yang diarahkan langsung oleh tim ahli halal center Tazkia, Yusuf Ibrahim.

Selain itu, acara yang disponsori oleh Bank NTB Syariah tersebut menyampaikan tentang program SEHATI BPJPH Kementerian Agama Republik Indonesia serta segala persyaratannya.

Hal ini ditujukan agar para UMKM pada pelatihan tersebut dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti program SEHATI pada gelombang selanjutnya.

Dan testimoni para UMKM yang mengikuti pelatihan tersebut sangatlah positif. Dimana para UMKM yang utamanya merupakan kumpulan ibu-ibu di NTB merasa sangat terbantu dan terarah kan.

Mereka merasa acara ini sangat bermanfaat untuk pengembangan UMKM milik mereka. Serta mereka sangat antusias karena dapat bersiap untuk mengambil kuota SEHATI tahu sertifikasi halal gratis pada gelombang selanjutnya (*)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here