Peraih Diversity Award 2021

Foto : Foto bersama seluruh pemenang, tim juri, tim riset dan Direktur SEJUK, Ahmad Junaidi dalam acara Diversity Award 2021 pada Minggu, 12 Desember 2021 (MetroNTB/Dok SEJUK)

Jakarta, MetroNTB.com – Serikat Jurnalis untuk Keberagaman (SEJUK) dengan dukungan Norwegian Embassy for Jakarta kembali memberikan penghargaan terhadap karya-karya jurnalistik terbaik media-media di Indonesia.

Dalam ajang dua tahunan ini, dewan juri Diversity Award 2021 memilih karya-karya jurnalistik dan influencer berikut:

  1. Tulisan (cetak dan online): Abdullah Fikri Ashri– Wartawan Harian Kompas, “Toleransi Tetap Bersemi Meski Pandemi Mendera Kota Wali”
  2. Audio visual (televisi dan produk audio visual): Berkas Kompas (Maryo Anugerah Sarong) – Kompas TV, “Memupuk Toleransi Merawat Keberagaman”
  3. Audio (radio dan podcast): Dara Hanafi dan Laila Achmad – Kejar Paket Pintar, “Mama-Mama Tambora”
  4. Foto jurnalistik: Irwan Abdul Latif – Freelancer AFP dan Metro TV, “Potret Pilu Penderita Gangguan Jiwa Hidup Dipasung”
  5. Media sosial: Kalis Mardiasih – Aktivis perempuan, penulis buku, pengelola Kelas Kalis

Dalam sambutan atas penghargaan yang didapat, Kalis Mardiasih turut mengajak kelompok marginal tetap positif untuk terus berjuang, meskipun tantangannya tidak mudah.

Kalau perjuangan perempuan saja membutuhkan 40 tahun (di Indonesia dimulai dari tahun 1980-an), ungkap Kalis, bagaimana dengan kawan-kawan dari kelompok minoritas gender dan seksualitas?

“Jadi jawaban saya atas pertanyaan dan keluhan dari kelompok minoritas gender yang kerap ditujukan kepada saya, ‘Masih banyak yang harus kita lakukan untuk memperjuangkan hak-hak kesetaraan gender dan seksualitas apalagi menyatukan gerakan. Maka produksi pengetahuan yang harus terus dilakukan, termasuk dengan memanfaatkan media social” pungkasnya


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here