BPJN NTB Pastikan Jalan yang Rusak Bukan Ruas Utama Bypass BIL-Mandalika

Foto : Foto : Jalan yang rusak berada di jalan lengan arah pantai Awang, atau tepat di awal jalan Provinsi (MetroNTB/Ist)

Lombok Tengah, MetroNTB.com – Jalan yang dikabarkan rusak di lintasan Bypass BIL -Mandalika, dipastikan bukan berada pada ruas utama Bypass.

Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) NTB, Reiza Setiawan menegaskan, jalan yang rusak tersebut berada di jalan lengan arah pantai Awang, atau tepat di awal jalan Provinsi.

“Jalan yang rusak tersebut merupakan bagian pekerjaan bypass BIL-Mandalika paket 2. Namun, lokasi rusak bukan di ruas utama bypass melainkan di lengan arah Awang atau awal jalan provinsi,” kata Reiza Setiawan, Sabtu 11 Desember 2021.

Ia menjelaskan, kerusakan jalan tersebut bukan karena hantaman banjir. Tetapi, diduga sengaja dirusak masyarakat sekitar untuk mempercepat surutnya banjir yang sempat terjadi di kawasan.

“Kejadian karena hujan deras cukup lama dan terjadi banjir, sehingga atas inisiatif warga jalan tersebut dibongkar masyarakat dengan harapan bisa membuat lebih cepat surut,” katanya.

Reiza mengatakan, karena ruas jalan yang rusak masih masuk dalam masa pemeliharaan, maka akan segera diperbaiki oleh pihak kontraktor penyedia jasa.

“Karena masih masa pemeliharaan, nanti akan tetap menjadi tanggungjawab kontraktor dalam hal ini PT Adhi – Metro KSO,” katanya.

Reiza menyebut kerusakan itu sekitar 10 meteran, padahal disana, ada saluran air di jalan sudah dibuat cross drain di dua titik dengan dimensi yang cukup, dan juga saluran drainase samping.

Namun aliran air yang deras juga dipengaruhi perubahan tataguna lahan sekitarnya yang perlu dan daya tampung sungai yang sedang didiskusikan bersama saat ini.

“Akan dikerjakan secepatnya, kalau hasil diskusi berbagai pihak sudah ada kesepakatan seperti ITDC, Pemda, Masyarakat dan Balai Sungai. Maka secepatnya dikerjakan,” tukasnya (red)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here