Bangun Posko, PCNU Lombok Barat Peduli Korban Banjir

Foto : Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lombok Barat membentuk tim aksi NU Lobar Peduli Kemanusiaan yang melibatkan seluruh Banom dan Lembaga di bawahnya

Lombok Barat, MetroNTB.com – Sebagai bentuk solidaritas atas  musibah banjir yang terjadi di wilayah di Kecamatan Gunungsari, Batulayar, Lingsar, Lembar, dan Sekotong, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lombok Barat membentuk tim aksi NU Lobar Peduli Kemanusiaan yang melibatkan seluruh Banom dan Lembaga di bawahnya.

Untuk memudahkan penyebaran bantuan untuk korban banjir, PCNU Lombok Barat mendirikan posko-posko pengumpulan donasi. Diantaranya posko umum di wilayah bagian selatan, berada di Dasan Geres Gerung, untuk wilayah Timur dan Utara posko umumnya berada di Desa Mekar Sari Narmada. Sementara untuk posko penyebaran bantuan di pusatkan di dua tempat.

Untuk Kecamatan Gunungsari dan Batulayar lokasi terparah banjir posko sebaran di pusatkan di kediaman Ketua MWCNU Batu Layar, H Syamsul Hadi, di Perumahan Puri Sandik, Meninting Batulayar.

Sementara untuk penyebaran di Lembar dan Sekotong di pusatkan di Kediaman Ketua MWCNU Kecamatan Sekotong, H Hamdi, Dusun Telaga Lebur Desa Sekotong Tengah.

Tim NU Lobar Peduli Kemanusian yang dikoordinir oleh NU Care Lazisnu Lombok Barat dan LPBI PCNU Lombok Barat mulai melakukan aksi bagi-bagi bantuan ke para korban banjir di Kecamatan Gunungsari dan Batulayar, Rabu 8 Desember 2021

Bantuan yang disalurkan berupa beras, nasi bungkus, air mineral, telur, minyak goreng, mie instant, pembalut dan pakaian layak pakai.

Selanjutnya disebarkan ke dapur-dapur umum di sejumlah di Gunungsari dan Batulayar. Mulai dari Kecamatan Batulayar di Desa Meninting, Desa Kayangan, Desa Sandik kemudian ke Desa Taman Sari, Desa Ranjok di Kecamatan Gunungsari.

Ikut serta dalam penyebaran bantuan tersebut, pengurus LPBI, Lazisnu, IPNU, Sarbumusi, Lakpesdam, Rijalul Ansor, Banser, LBHNU, Fatayat dan sejumlah Pengurus PCNU Lobar, MWCNU dan Ranting NU.

Turut serta juga dalam aksi tersebut Pengurus Rayon IKSASS Lombok Barat, Tim Relawan Desa Peteluan Indah Lingsar dan Tim Relawan Desa Mekar Sari Narmada.

Wakil Ketua PCNU Lobar Hamroni mengatakan bahwa donasi-donasi yang disebar tersebut merupakan sumbangan dari warga nahdliyin dan nahdliyat Lombok Barat.

Menurutnya, seluruh sumbangan diserahkan langsung ke dapur-dapur umum untuk kemudian diserahkan ke koordinator dapur umum untuk membagi atau menyerahkan ke warga terdampak.

Di posko Dusun Presak Desa Meninting, sumbangan langsung diserahkan oleh Tim NU Peduli Kemanusiaan ke Kepala Desa Meninting,  Iskandar Zulkarnaen

“Alhamdulillah, kegiatan PCNU peduli hari ini berjalan dengan sukses, dan semua relawan NU Lobar di terima dengan baik,” ungkapnya

Lokasi yang dituju, Kapek Bawah Kecamatan Gunungsari di pimpin oleh Ketua Lazisnu Lobar, Moh. Islahuddin dan Ketua LPBI Lobar Saparudin.

Dapur umum di Dusun Presak Desa Meniting, dipimpin oleh Ketua LBHNU Lobar, Zein Darmat dan Ketua Lakpesdam Lobar, Dr. Abdurrahman.

Wakil Ketua PCNU Lobar, Abdul Satar memimpin relawan ke Dusun Batu Layar Utara Desa Batu Layar Barat Kecamatan Batu Layar.

Sementara pada hari sebelumnya pasukan Muslimat dan Fatayat NU Lombok Barat juga sudah melakukan aksi yang sama ke sejumlah posko-posko pengungsian warga terdampak banjir.

Untuk selanjutnya relawan NU Lobar Peduli Kemanusiaan akan menyisir wilayah terdampak di Kecamatan Lembar dan Kecamatan Sekotong serta kecamatan lainnya.

Oleh karena itu, bagi pembaca yang ingin ikut berdonasi bisa dislurkan lewat NU Care Lazisnu Lombok Barat ke Rekening BNI dengan Nomor 0871155544 a.n. Amil Zakat dan Shodaqah (Rekening Lazisnu Lombok Barat) atau bisa ke posko-posko yang sudah disebutkan di atas (red)