Sukseskan Program Kampus Merdeka, FEBI UIN Mataram Teken MoU

Dekan FEBI UIN Mataram Dr Riduan Mas’ud, M.Ag
Foto : Dekan FEBI UIN Mataram Dr Riduan Mas’ud, M.Ag (MetroNTB/Man)

Mataram, MetroNTB.com – Dalam rangka mensukseskan program Kampus Merdeka, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram menandatangani MoU dengan sejumlah perusahaan nasional diantaranya PT Sucofindo, Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil (PINBUK) Indonesia, PT Indowow Cina, FEBI IAIN Metro dan PT USSI, PPHI, di Hotel Astoria Mataram, Sabtu 13 November 2021

Dekan FEBI UIN Mataram Dr Riduan Mas’ud, M.Ag mengungkapkan dengan adanya kerjasama ini untuk memaksimal kampus merdeka.

“Terutama banyak mahasiswa kita ke depan bisa melakukan magang di perusahan itu,” ungkapnya

Ia menerangkan alasan FEBI UIN menjalin kerjasama sejumlah perusahan atau lembaga yang sudah menandatangi MoU diantaranya dengan PINBUK Indonesia.

PINBUK Indonesia dari tahun 2003-2004, PINBUK ini sudah berbicara Kampus Merdeka teapi nama ICL dan itu sudah dilaksnakan pada tahun 2003-2004, teapi ketika itu terkendala oleh system dan aturan. Akhirnya diputuslah program itu.

“Itulah kami undang sekarang untuk memberikan transfer pengalaman, kisi-kisi untuk pengembangan kampus merdeka FEBI,” terang Riduan

Ia berharap, Kampus Merdeka FEBI sudah didesain. Hal itu sudah disampaikan ke Gubernur NTB sebulan yang lalu.

“Beliau meminta tiga OPD untuk mensupport kampus merdeka FEBI,” tuturnya

Kenapa tiga OPD? pihaknya ingin ke depan kampus merdeka FEBI bisa magang di OPD tersebut.

“Misalnya, jurusan Pariwisata, nanti mahasiswa bisa magang di desa wisata. Maksimal, bagaimana menjadikan desa wisata ini terpublikasi di dunia nasional maupun internasional. Sekarang hal itu tidak sulit karena ada social media, ada digital marketing. Itu disupport oleh dinas pariwisata,” ulas Riduan

Selanjutnya, jurusan Perbankkan, pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan dinas koperasi NTB, supaya mahasiswa ini magangnya nanti di koperasi syariah yang ada.

“Ratusan koperasi syariah yang ada di NTB. Nanti magang di situ. Harapan kita, begitu dia ahli dan bagus bagus kerjanya bisa diangkat menjadi pegawai di situ,” cetus Riduan

Kemudian jurusan ekonomi syariah, pihaknya akan mengembangkan dengan BumDes. Tetapi di BumDes ini diharapkan ada tehnologi digital untuk mensupport itu.

“Kita sudah kerjasma untuk itu, Adanya PT USSI kerjasma tadi, itu juga akan mensupport system tehnologi FEBI, khususnya literasi keuangan syariah,” kata Riduan menambahkan (*)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here