Pola Penyelesaian Masalah Mahasiswa PPL UIN Mataram

Dosen FITK UIN Mataram : Drs H Nujumuddin, M.Pd
Foto : Dosen FITK UIN Mataram : Drs H Nujumuddin, M.Pd (MetroNTB/Ist)

Penulis : Dosen FITK UIN Mataram : Drs H Nujumuddin, M.Pd

MetroNTB.com – Sebagai tenaga pengajar dalam bidang pendidikan, tentunya tidak akan terlepas dari berbagai macam masalah, baik itu mengenai masalah siswa, profesi sebagai tenaga pengajar dan masalah-masalah yang berkaitan dengan sekolah. Hal tersebut memang wajar terjadi karena peserta didik dengan watak yang bermacam-macam sehingga susah untuk diatur.               

Salah satu pemecahan atau solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut ialah memberikan mereka nasihat, teguran, dan hukuman yang sesuai dengan kasus yang dihadapi, agar mereka tidak berbuat hal-hal yang mengganggu proses belajar mengajar dikelas.

Jika peserta didik ada yang berkelahi satu siswa dengan siswa yang lainnya. Penulis sebagai guru PPL akan menangani kasus ini dengan cara menasehati kedua siswa yang berkelahi dan meminta mereka untuk saling memaafkan. Dan berjanji untuk tidak mengulanginya dan jika mereka melanggar mereka akan menerima konsekuensinya. Dan mereka harus mengikuti proses belajar mengajar dengan baik.

Jadi Selama menjalankan program PPL penulis melaksanakan tugas mengajar dengan menggunakan satuan pelajaran atau RPP yang berformat satu lembar atau satu halaman.

Dalam pendekatanya penulis menerapkan model pembelajaran Ekspositori dengan langkah-langkah pembelajaran yaitu langkah persiapan, penyajian, korelasi, menyimpulkan dan menerapkan. Mahasiswa PPL diharuskan mampu untuk mengelola kelas tanpa persiapan apapun.

Selain itu mahasiswa PPL juga diharuskan mampu mengatur dan mengkondisikan siswa yang suatu saat bertanya tentang materi dan tema yang akan di sampaikan tanpa RPP. serta pengalaman dalam mengelola kelas dan memimpin kegiatan belajar mengajar secara terpimpin, serta dapat berinteraksi langsung dengan peserta didik di dalam kelas. Intinya menjadi seorang guru harus bisa menguasai kelas dengan semaksimal mungkin

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL-2) merupakan wadah bagi Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan untuk memperoleh pengalaman belajar yang diperoleh secara langsung dari sebuah lembaga.

Pengalaman belajar yang diperoleh secara langsung tentu akan memperkaya  dan memperlengkap ilmu dan pengetahuan yang diperoleh selama di bangku kuliah. Melalui kegiatan PPL-2 ini, mahasiswa dan khususnya mahasiswa kependidikan dapat mengaplikasikan kompetensi atau keahliannya serta kinerja dalam bidang pembelajaran.

Mahasiswa diharapkan bisa melakukan observasi secara optimal agar supaya program kerja Praktik Pengalaman Lapangan (PPL-2) yang dilaksanakan itu sesuai dengan kebutuhan sekolah.

Sebelum melaksanakan praktik mengajar hendaknya menguasai materi yang akan disampaikan agar menambah kepercayaan diri ketika mengajar di hadapan peserta didik.

Pembuatan catatan harian, mingguan, matriks hasil kerja dan sebagainya sebaiknya dilaksanakan dengan disiplin dan tertib sehingga memudahkan saat penyusunan laporan (*)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here