Gubernur Optimis WSBK dan MotoGP Awal Kebangkitan Ekonomi NTB

Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah
Foto : Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah (MetroNTB/Ist)

Mataram, MetroNTB.com – Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah optimis event internasional World Superbike (WSBK) dan MotoGP menjadi awal kebangkitan ekonomi NTB dan Indonesia.

Demikian disampaikan Gubernur dalam Forum Dialog Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 5 Benua kedua yang digelar daring, Minggu 7 November 2021.

Dikatakan, Provinsi NTB siap menjadi tuan rumah menyelenggarakan event internasional lainnya.

“Khusus WSBK dan MotoGP kami lebih dari siap penyelenggaraan,” ungkap Bang Zul

Ia menuturkan, kesiapan NTB menjadi tuan rumah event internasional karena keseriusan pemerintah pusat sebagai host kebangkitan pariwisata pasca pandemi melalui Kawasan Ekonomi Khusus Super Prioritas yang salah satunya adalah kawasan Kuta, Mandalika dengan Street Circuit International pertama di dunia.

“Begitu pula dengan seluruh infrastruktur pendukung yang akan berlangsung 19 November dan MotoGP pada Maret 2022 itu, seluruh stakeholder pusat seperti Kementerian dan BUMN memastikan suksesnya perhelatan. Termasuk kesiapan tourism pasca pandemic,” terangnya

Implikasi ekonomi dan inovasi pariwisata terus dikembangkan agar masyarakat NTB dapat maksimal menerima manfaat ekonomi dari event event internasional yang akan digelar.

“Selain balapan Asia Talent Competition atau Junior MotoGP, telah banyak event internasional lain yang digelar sampai dengan rencana gelaran Formula 1, international motocross dan lainnya,” kata Bang Zul

Sementara, Wakil Ketua PKS, Sohibul Iman mengatakan, event internasional sebagai kebangkitan ekonomi dan diplomasi internasional tak dapat dihindari sebagai pemain di era globalisasi.

“Indonesia begitu pula NTB harus dapat mengambil manfaat ekonomi dari globalisasi. Banyak contoh negara atau daerah kecil seperti Singapura, Qatar atau negara di Eropa yang mempunyai kapasitas ekonomi melebihi potensi ekonominya sehingga diperhitungkan di dunia internasional,” cetusnya

Indonesia memiliki potensi ekonomi yang luar biasa besar begitu pula dengan NTB sehingga peluang meningkatkan kapasitas ekonomi itu diikhtiarkan salah satunya dengan menjadi tuan rumah penyelenggaraan event internasional.

Dalam forum diskusi menyoal perhelatan internasional, kebangkitan ekonomi, pariwisata halal dan diplomasi Indonesia yang digelar lintas benua tersebut dua penanggap Bidin Ulumuddin, praktisi minyak yang tinggal di Qatar dan Makky S Jaya, praktisi energi terbarukan  geothermal sepakat, inovasi pariwisata akan membuka peluang ekonomi sekaligus mengangkat nama Indonesia di mata dunia (red)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here