Gelar Kompetisi SIC 2021, siswa SMKN 1 Geger Madiun Raih Juara 1

Pada puncak kompetisi Samsung Innovation Campus (SIC) 2021, website Study Tools karya siswa SMKN 1 Geger Madiun ini sukses terpilih sebagai pemenang terbaik setelah bersaing dengan 396 siswa dan mendapatkan pelatihan coding, web programming, sekaligus full-stack development bootcamp
Foto : Dari kiri ke kanan Muhammad Hafiz Falah, Dayinta Ayu Faj'rin, dan Rahmanda Dwi Pandega sebagai anggota tim Study Tools beserta Huda Mustaqim, S.Kom, Rehan Baharudin Prasetyo, S.Kom, dan Mochammad Rochim, S.Pd sebagai guru pendamping (MetroNTB/Ist)

Jakarta, MetroNTB.com – Pada puncak kompetisi Samsung Innovation Campus (SIC) 2021, website Study Tools karya siswa SMKN 1 Geger Madiun ini sukses terpilih sebagai pemenang terbaik setelah bersaing dengan 396 siswa dan mendapatkan pelatihan coding, web programming, sekaligus full-stack development bootcamp.

Study Tools menghadirkan solusi pembelajaran praktikum melalui simulasi praktik dengan metode drag and drop secara luring, yang mampu menjembatani learning loss akibat hilangnya proses belajar mendalam selama pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Samsung Electronics Indonesia sebagai pemimpin pasar produk teknologi terdepan mengumumkan pemenang Samsung Innovation Campus 2021 (SIC), Study Tools, karya tiga siswa SMKN 1 Geger Madiun yang menghadirkan pembelajaran praktikum jarak jauh sebagai kebutuhan sekolah online sekaligus solusi atasi learning loss pada siswa SMK.

Rangkaian SIC 2021 yang dimulai pada Januari 2021 telah selesai dengan menghadirkan tiga juara utama yakni Study Tools, Eyeroom dan SmartGen.

CTO – Samsung R&D Institute Indonesia Risman Adnan M menerangkan program SIC sejalan dengan misi Revitalisasi SMK dari Kemendikbud Ristek untuk menciptakan lulusan berkualitas demi menjawab kebutuhan kerja yang semakin meningkat seiring dengan akselerasi interaksi digital pada era industri 4.0.

 “Sebagai inisiatif corporate citizenship yang berkontribusi pada pertumbuhan digitalisasi, SIC memantapkan perannya dalam menghadirkan generasi muda siap kerja melalui pembekalan dasar keahlian digital sehingga siswa mampu bereksplorasi secara praktikal,” tuturnya

Selain membekali para siswa dan guru, program SIC juga mendorong pola pikir para peserta dalam merespon permasalahan sosial yang ada di lingkungan sekitarnya dengan project atau produk solusi digital.

Studi Bank Dunia (World Bank) mengungkapkan bahwa siswa Indonesia kehilangan 0,9 tahun masa pembelajaran dan penurunan skor Programme for International Student Assessment (PISA) sebanyak 25 poin selama pandemi.

Kondisi tersebut tidak dapat disepelekan dan membutuhkan solusi yang aplikatif untuk mengatasinya, salah satunya bagi pelajar SMK yang membutuhkan kemampuan praktik selama proses pembelajaran.

Tim SMK Negeri 1 Geger Madiun, yang terdiri dari Muhammad Hafiz Falah, Rahmanda Dwi Pandega, dan Dayinta Ayu Faj’rin, menjawab masalah sosial dari learning loss melalui aplikasi Study Tools dan berhasil terpilih sebagai tim terbaik sekaligus juara satu pada Program SIC 2021.

“Study Tools merupakan aplikasi untuk pembelajaran praktikum secara praktis yang menyediakan simulasi praktik dengan metode drag and drop,” tambah Risman (*)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here