Sukseskan Program MBKM, Unram Jalin Kerjasama dengan Sejumlah Pihak

Foto : Rektor Unram Prof. Dr. Lalu Husni., SH., M.Hum, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim dan Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah, SE., M.Sc. pada acara Dialog bersama pimpinan PTN/PTS Se Nusa Tenggara Barat dan Mahasiswa di Gedung Auditorium M. Yusuf Abubakar Unram, Rabu 6 Oktober 2021

Mataram, MetroNTB.com – Untuk mensukseskan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) UNRAM pada tahun 2020/2021 juga telah melakukan kerjasama dengan beberapa instansi baik Pemerintrah maupun swasta dalam menyukseskan program MBKM yakni sebanyak 15 kerjasama dengan PTN/PTS, ada 28 kerjasama dengan pihak Pemerintah, dan 27 kerjasama dengan Dunia Usaha  dan 14 kerjasama dengan Dunia Industri (DUDI).

“Total kerjasama untuk melaksanakan MBKM ini sebanyak 94 kerjasama,” ujar Rektor Unram Prof. Dr. Lalu Husni., SH., M.Hum pada acara Dialog bersama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, BA., MBA dan pimpinan PTN/PTS Se Nusa Tenggara Barat dan Mahasiswa di Gedung Auditorium M. Yusuf Abubakar Unram, Rabu 6 Oktober 2021

Meskipun demikian, Prof. Husni mengakui bahwa sebagai program yang relatif baru, implementasi MBKM tentu ada masalah/kendala yang dihadapi.

Capain MBKM yang diraih Unram mendapatkan apresiasi dari Mas Menteri. Mas Menteri mengatakan jika Unram telah menjalankan kebijakan MBKM ini dengan sangat baik.

“Begitu dibuka celah, banyak sekali yang kemudian bisa masuk (mengikuti program MBKM di Unram), di Unram tadi ada banyak sekali yang mengikuti MBKM, ini luar biasa”, kata Mas Menteri.

Mas menteri juga dosen Dosen bisa menarik daya nalar mahasiswa untuk berdiskusi, kerja kelompok dan mengasah presentasi dan berdebat.

“Dosen harusnya tidak hanya ceramah didepan kelas, dosen bisa membuat rekaman pembelajaran kemudian ketika masuk ke kelas mahasiswa perlu diarahkan untuk lebih banyak berdiskusi, kerja kelompok, mengasah presentasi dan berdebat,” tegas Prof Husni (*)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here