Begini Cara Menghilangkan Embun di Jam Tangan

Foto : Sumber gambar: https://www.pexels.com/photo/round-gold-colored-black-analog-watch-with-grey-leather-band-705868/ (MetroNTB/Ist)

Mataram, MetroNTB.com – Jam tangan menjadi salah satu aksesoris yang penting bagi seorang pria. Bagi Anda yang mungkin juga memiliki jam tangan, adanya embun di dalam jam tangan menjadi masalah yang cukup rumit. Jika tidak segera dibersihkan, embun ini bisa merusak jam tangan Anda. jangan khawatir, di sini akan diulas tentang beberapa cara menghilangkan embun di jam tangan.

Penyebab Ada Embun di Jam Tangan

Sebelum itu, Anda harus mengetahui apa saja penyebab dari munculnya embun pada jam tangan. Ada banyak sekali yang bisa memicu munculnya embun di dalam jam tangan, berikut ini adalah beberapa penyebab yang perlu Anda ketahui, sehingga Anda dapat menghindarinya.

1. Perubahan Suhu

Jika Anda berada pada ruangan dingin dalam waktu yang lama, misal di ruangan ber-AC, dan Anda tiba-tiba keluar ruangan yang panas, biasanya akan muncul embun, hal ini terjadi karena adanya perbedaan suhu secara tiba-tiba. Oleh karena itu, jika memang Anda harus keluar atau masuk ruangan, pastikan perbedaan suhunya tidak terlalu tinggi.

2. Hujan

Meskipun ada jam tangan yang tahan air, namun jam tangan tersebut akan tetap berpotensi berembun akibat terkena air hujan. Hal tersebut dikarenakan, air hujan yang berlebih dapat masuk secara perlahan ke dalam jam tangan. Serapat apapun, jam tangan masih memiliki potensi kemasukkan air. Baiknya, simpan dulu jam tangan Anda saat menerobos hujan.

3. Terendam

Jika jam tangan Anda masuk air, maka besar sekali kemungkinan akan muncul embun di dalamnya. Sama halnya dengan air hujan, air akan masuk secara perlahan ke dalam jam tangan, dan menciptakan embun. Tentu saja hal ini sangat mengganggu penglihatan Anda pada jam tangan yang Anda kenakan.

4. Terik Matahari

Ternyata suhu yang terlalu tinggi juga memicu munculnya embun di dalam jam tangan. Hal ini sama dengan perubahan suhu. Saat suhu terlalu tinggi, akan muncul uap di dalam jam tangan dan muncullah embun. Cara pencegahannya dengan menyimpan jam tangan di dalam tas saat Anda akan pergi keluar rumah dan terpapar sinar matahari secara langsung.

Cara Menghilangkan Embun di Jam Tangan

Jika sudah terlanjur jam tangan Anda berembun, Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan embun pada jam tangan. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mengatasi masalah embun yang muncul pada jam tangan.

Cara Menghilangkan Embun pada Jam Tangan dengan Suhu Panas

Suhu panas memang bisa menjadi penyebab dari munculnya embun. Namun, dengan suhu panas ternyata juga bisa menghilangkan embun dalam jam tangan. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda coba untuk menghilangkan embun dengan menggunakan suhu panas.

1. Pemasak Nasi

Cara pertama dengan memanfaatkan pemasak nasi atau rice cooker. Sangat mudah sekali, Anda tinggal meletakkan jam tangan yang berembun di atas penutup rice cooker, lalu tunggu selama lima sampai sepuluh menit dan Anda bisa melihat sendiri, embun yang ada di dalam jam tangan akan hilang secara perlahan.

2. Pengering Rambut

Pengering rambut juga bisa dimanfaatkan sebagai penghilang embun pada jam tangan. Pengering rambut juga menciptakan suhu hangat, dan ini bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan embun. Caranya sangat mudah, Anda dapat langsung mengarahkan pengering rambut ke jam tangan dan tunggu hingga embun yang ada di dalam jam tangan menyusut dan hilang.

Menghilangkan Embun dengan Suhu Dingin

Selain dengan suhu panas, Anda juga bisa menghilangkan embun dengan suhu dingin. Terdapat dua cara yang bisa Anda coba, yaitu dengan menggunakan es batu dan kipas angin. Berikut langkah-langkahnya !

1. Es Batu

Cara pertama ini cukup mudah, Anda hanya perlu memasukkan jam tangan ke dalam kulkas dan meletakkannya di sebelah es batu. Setelah itu, Anda dapat menunggu kurang lebih selama dua jam, dan embun pada jam tangan Anda dapat hilang seketika.

2. Kipas Angin atau AC

Penggunaan kipas angin atau AC untuk menghilangkan embun di dalam jam tangan sangat mudah, tidak berbeda jauh dengan pengering rambut. Anda dapat langsung mengarahkan jam tangan Anda yang berembun di depan kipas angin atau AC. Tunggu selama 1 menit atau sampai embun benar-benar menghilang. Cara ini terbilang sangat mudah dan efektif karena embun yang ada di dalam jam tangan seketika menghilang setelah beberapa menit.

Cara Lain untuk Mengatasi Embun

Jika cara-cara diatas masih belum juga berhasil, Anda bisa mencoba menggunakan pasir kucing dan beras. Anda hanya perlu memasukkan jam tangan ke dalam beras atau pasir kucing. Biarkan jam tangan terendam disana selama 24 jam dan Anda dapat mengangkatnya esok hari. Bersihkan jam tangan dari pasir atau beras, dan lihat apakah masih ada embun. Jika masih terdapat beberapa bercak embun, Anda dapat mengulanginya lagi selama 24 jam.

Gunakan Jam Tangan Berkualitas

Agar Anda tidak perlu mengalami jam tangan yang berembun, cara terakhir yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan jam tangan yang berkualitas tinggi. Salah satu jam tangan yang sedang naik daun dengan kualitas baik adalah merk Seiko. Jam tangan asal Jepang ini memiliki kualitas tersendiri. Selain itu, jam tangan satu ini juga memiliki banyak sekali model atau tipe yang keren.

Jam tangan seiko bisa menjadi pilihan bagi Anda karena kualitasnya yang bagus, sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi kalau jam tangan ini akan berembun seperti jam tangan pada umumnya. Anda bisa mendapatkan jam tangan yang sangat berkualitas ini hanya melalui marketplace terpercaya di Blibli. Disana Anda akan mendapatkan banyak sekali pilihan jam tangan bermerek.

Soal harga Anda tidak perlu khawatir, karena Blibli.com memberikan banyak sekali promo menarik. Seperti potongan harga yang lumayan besar sehingga Anda bisa mendapatkan jam tangan berkualitas ini dengan harga yang terjangkau atau bahkan miring. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan promo gratis biaya pengiriman ke seluruh Indonesia, lho. Menarik sekali bukan? Jadi tunggu apalagi, langsung kepoin aplikasi Blibli dan dapatkan promo terbaiknya.

Jangan lupa juga untuk Anda yang belum dapat membeli jam tangan seiko karena budget yang masih pas-pasan, untuk terus menerapkan cara menghilangkan embun di jam tangan yang sudah dijelaskan tadi di atas. Selamat mencoba dan semoga berhasil.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here