Wakil Walikota Buka Latsar CPNS Pemkot Mataram

Wakil Walikota Mataram TGH Mujiburrahman Membuka Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram, bertempat di Pendopo Wali Kota Mataram, Senin 5 Juli 2021
Foto : Wakil Walikota Mataram TGH Mujiburrahman Membuka Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram, bertempat di Pendopo Wali Kota Mataram, Senin 5 Juli 2021 (MetroNTB/Diskominfo)

Mataram, MetroNTB.com – Wakil Walikota Mataram TGH Mujiburrahman Membuka Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram, bertempat di Pendopo Wali Kota Mataram, Senin 5 Juli 2021.

Hadir pada acara tersebut Sekreteris Daerah (Sekda) Kota Mataram H Effendy Eko Saswito, Para Asisten dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemerintah Kota Mataram.

Dalam sambutannya, Wakil Walikota Mataram menyampaikan pembelajaran jarak jauh menjadi hal baru sebagai bentuk menyekapi pandemi Covid-19.


“Semua ini harus tetap di syukuri dan bersama-sama untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan yang berlaku selama kegiatan berlangsung agar senantiasa dikaruniai kesehatan dan kekuatan dalam menjalankan kawajiban,” ungkapnya.

Ia menjelaskan latsar CPNS sebagai salah satu syarat yang harus ditempuh oleh seorang CPNS untuk dapat diangkat menjadi PNS sebagaimana diamanatkan dalam pasal 65 Undang-undang No. 5 Tahub 2014 tentang Aparatur Sipil Negeri.

“Selain memenuhi syarat untuk diangkat sebagai PNS, hal penting dari Latsar CPNS adalah membentuk pola pikir dan kesiapan mental PNS dengan mengedepankan fungsi utama sebagai abdi negara dan abdi masyarakat,” tutur Tuan Guru Mujib

Melalui Latsar, lanjutnya para peserta dapat pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintah negara, bidang tugas dan budaya organisasi lain yang bermuara pada kemampuan PNS dalam melaksanakan tugas pelayanan paripurna untuk masyarakat.

Rekrutmen PNS merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas pemberian pelayanan kepada masyarakat,” kata politisi Golkar ini.

Ia berharap kepada semua CPNS untuk memahami bahwa sesungguhnya perlu terus bekerja keras, selalu berupaya meningkatkan dan mempercepat pemberian layanan kepada masyarakat.

Prosedur pelayanan kedepan harus akuntabel, lebih partisipatif, transparan, responsif, efektif dan efisin, bertanggung jawab kepada seluruh masyarakat  serta memiliki visi dan strategi pelayanan yang visioner,” kata Tuan Guru Mujib menambahkan (*)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here