Wagub NTB : PPKM Mikro Berbasis Desa/Kelurahan Efektif

Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah
Foto : Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah (MetroNTB/Ist)

Mataram, MetroNTB.com – Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah menilai penanganan penyebaran Covid berbasis desa atau kelurahan sangat efektif menghadapi Covid-19.

“Karena selama ini, PPKM Mikro berbasis desa cukup efektif untuk penanganan covid hingga tingkat Dusun dan RT,” ungkapnya pada rapat koordinasi percepatan dan evaluasi penanganan Covid-19 bersama Satgas Covid Provinsi dan Kabupaten/Kota se-NTB, secara offline dan online, di RRU kantor Gubernur NTB

Rohmi menegaskan bahwa tidak akan mungkin Provinsi atau Kabupaten saja yang fokus menghadapi pandemi ini, namun harus melibatkan semua komponen dari tingkat desa atau kelurahan.


Menurutnya, PPPM Mikro berbasis desa telah dilaksanakan selama ini, keberadaan posko PPKM di desa dan kelurahan sudah mencapai 100 persen. Sehingga keberadaan posko ini dapat proaktif dan dimaksimalkan perannya.

“Kita sadar betul peran Pemerintah Desa, Babinsa, Babinkamtibmas dalam mengedukasi masyarakat tentang bahaya Covid-19,” papar Rohmi.

Sehingga, penerapan dalam disiplin mengikuti protokol kesehatan dapat benar-benar diikuti oleh masyarakat. Termasuk membangun kesadaran masyarakat betapa pentingnya vaksinasi.

“Untuk itu sinergi dan koordinasi Satgas Covid Kabupaten/Kota dengan kecamatan hingga desa harus terjalin dengan baik,” harapnya.

Selain itu, Rohmi mengingatkan dengan masuknya virus corona varian delta, penerapan prokes harus ditegakan dengan benar.

“Penyediaan faskel serta sarana dan fasilitas lainnya harus sudah teratasi dengan baik,” tandasnya (*)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here