Universitas Bumigora Terapkan Pembelajaran Berbasis Teknologi Terkini

akil Rektor III Universitas Bumigora Mayadi
Foto : akil Rektor III Universitas Bumigora Mayadi (MetroNTB/Man)

Mataram, MetroNTB.com – Universitas Bumigora Mataram menerapkan model pembelajaran berbasis teknologi terkini. Baik dosen dan mahasiswa yang terlibat dalam pembelajaran senantiasa diarahkan untuk terbiasa dengan media pembelajaran berbasis program terbaru.

Dalam bahasa pemrograman kan Sekarang semua sudah serba Android, JAV, Phyton, PHP. Itu update semua yang diajarkan di kampus. Jadi baik dosen dan pengajarannya kita arahkan juga untuk ikut update semua,” ungkap Wakil Rektor III Universitas Bumigora Mayadi, Rabu 14 Juli 2021

Ia menjelaskan bagaimana di saat ini, masyarakat digital sudah tidak asing dengan system jual belionline atau “e-commerce”. Disamping mengajarkan bagaimana membangun aplikasi tersebut. Para Mahasiswa juga diarahkan untuk menganalisis datanya.

“ini dilakukan supaya produktivitas bisa diukur dan dilihat peluangnya secara lebih riil berbasis data entry tersebut,” terang Mayadi

Begitu pula dalam pertanian tanaman pangan, demi meningkatkan produktivitas hasil tanaman pangan. Dapat dilakukan melalui hidroponik dengan bantuan teknologi digital.

“Jadi nanti di lahan pertanian itu dipasang alat sistem control. Secara otomatis alat akan bekerja menyesuaikan keadaan yang dibutuhkan untuk pemeliharaan tanaman itu,” kata dia

System control yang telah dipasang itu, lanjutnya akan menjalankan perintah kerja dengan bantuan kecerdasan buatan (artificial intelegent). Sehingga permasalahan pemeliharaan yang biasanya dikerjakan oleh manusia bisa lebih efektif dikerjakan dengan bantuan alat itu.

Dengan demikian, sinergi manusia dengan teknologi inilah yang diharapkan dapat menciptakan nilai baru dan menyelesaikan permasalahan sosial lewat teknologi-teknologi canggih tersebut. Konsep inilah yang kemudian dikenal dengan Era Society 5.0.

”Nah, Pembelajaran IT di Universitas Bumigora saat ini sudah mengarah kepada era itu,” cetusnya

Lebih lanjut, Mayadi menerangkan konsep revolusi industri 4.0, kini dikenalkan pula konsep society 5.0. Konsep society 5.0 ini diharapkan menjadi penyempurna konsep revolusi industri 4.0 yang tengah berlangsung saat ini, yang ditandai dengan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi pada dunia kerja atau industry.

“Kami mengundang para calon mahasiswa baru untuk bergabung bersama Universitas Bumigora untuk bersiap menjadi bagian dari masyarakat digital 5.0,” ucapnya

Informasi selengkapnya mengenai Prodi yang tersedia di Universitas Bumigora bisa diakses di http://pmb.universitasbumigora.ac.id.

Mayadi menambahkan perkembangan teknologi begitu sangat cepat terjadi. Tidak hanya mahasiswa yang dibuat siap bahkan para dosen pun diharuskan belajar dan siap menyesuaikan dengan sistem pembelajaran menggunakan teknologi terbaru.

”Jadi untuk kesiapan menghadapi era teknologi digital baik 4.0 dan 5.0, kami (Universitas Bumigora) dari dulu sudah siap,” katanya menambahkan (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here