Sebanyak 300 KPM PKH Lombok Utara Mulai Terima Vaksin

Sebanyak 300 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) Kementerian Sosial di Kabupaten Lombok Utara mulai di vaksin. Antusias peserta penerima berasal Desa Mumbul Kecamatan Bayan
Foto : Sebanyak 300 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) Kementerian Sosial di Kabupaten Lombok Utara mulai di vaksin. Antusias peserta penerima berasal Desa Mumbul Kecamatan Bayan (MetroNTB/Ist)

Lombok Utara, MetroNTB.com – Sebanyak 300 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) Kementerian Sosial di Kabupaten Lombok Utara mulai di vaksin. Antusias peserta penerima berasal Desa Mumbul Kecamatan Bayan.

Pelaksanaan vaksinasi difasilitasi Dinas Sosial Kabupaten Lombok Utara dan Dinas Sosial Provinsi NTB kerjasama dengan Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) NTB. Aksi ini sebagai langkah strategis Pemerintah Provinsi  dalam menekan laju pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Sosial Provinsi NTB, H Ahsanul Khalik menjelaskan terkait vaksinasi bagi penerima Bansos PKH di Lombok Utara adalah hasil tindaklanjut pembahasan yang digelar di Ruang rapat koordinasi Asisten I Pemerintah Provinsi NTB 1 Juli lalu


“Hasil pembahasan waktu itu pendamping PKH dan penerima PKH wajib menjadi sasaran vaksinasi. Sesuai surat Kemensos tanggal 10 Juni 2021 tentang vaksinasi mandiri Covid-19,” kata AKA sapaan akrabnya, Jum’at 23 Juli 2021.

Ia menjelaskan dalam rangka mensukseskan vaksinasi Covid-19 secara nasional dan sesuai intruksi Presiden RI tentang pelaksanaan vaksinasi Covid-19 diberikan secara gratis dan tidak dipungut biaya.

Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan program prioritas nasional yang bertujuan mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan tataf hidup masyarakat miskin.

Mengingat tugas dan tanggung jawab Sumber Daya Manusia (SDM PKH) yang memberikan pelayanan Publik khususnya masyarakat miskin. Maka dipandang perlu mereka yang bertugas mendapatkan Vaksinasi.

“1.222 SDM PKH NTB. Tugas pendamping PKH adalah pelayanan Publik, wajib diberikan vaksinasi sebagai antisipasi penularan Covid-19,” Ujarnya.

Terpisah, Koordinator PKH Kabupaten Lombok Utara Raden Zulkarnain menyebutkan keluarga penerima manfaat PKH mulai menerima vaksin hari ini. Pada gelombang pertama sebanyak 300 KPM dari jumlah penerima PKH sebanyak 22.039. Pelaksana vaksinasi adalah dokter dan tim yang didatangkan dari RSU Provinsi.

“Hari ini merupakan gelombang pertama, sesuai hasil pemetaan calon penerima vaksin oleh Pendamping PKH, sesuai dampingan masing-masing,” ungkapnya

Ditambahkan, kegiatan vaksinasi ini akan terus berlanjut kepada KPM dan SDM se-Kabupaten Lombok Utara, menyesuaikan dengan kesepakatan waktu dan tahapan dengan Dinas Sosial Kabupaten, Dinas Sosial Provinsi serta pihak RSUP sebagai tim tekhnis.

“Penerima PKH begitu antsuias menerima vaksin ini. Ini bahagian dari perlindungan kesehatan kepada penerima PKH,” kata Zulkarnain (*)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here