Psikolog : Teman Terbaik Anak Saat Bermain adalah Orang Tua

Media Talk Kemen PPPA dengan tema Anak Sehat dan Bahagia Meski #DiRumahAja
Foto : Media Talk Kemen PPPA dengan tema Anak Sehat dan Bahagia Meski #DiRumahAja (MetroNTB/Ist)

Jakarta, MetroNTB.comPsikolog, Ifa H Misbach mengungkapkan orang tua bermain bersama anak merupakan hal penting untuk memperkuat ikatan emosi antara orang tua dan anak, dan melatih mereka dalam mengelola emosinya.

“Teman terbaik anak saat bermain adalah orang tua,” ujarnya pada Media Talk Kemen PPPA dengan tema Anak Sehat dan Bahagia Meski #DiRumahAja

Ifa menjelaskan selain menjadi hak, bermain adalah “makanan otak” untuk anak, bermain adalah pekerjaan utama anak.

“Jika kita ingin memiliki anak yang antusias dalam mempelajari banyak hal, dan membangun hubungan yang baik dengan teman-teman sebayanya, maka orang dewasa harus ikut bermain bersama membantu anak untuk meningkatkan level dopamine pada otak mereka. Kita dapat memanfaatkan imajinasi kita untuk membuat permainan. Hal ini juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan benda-benda yang ada di rumah untuk bermain,” terangnya

Selain bermain bersama anak, lanjutnya dalam berkomunikasi dengan anak orang tua juga diimbau menghindari kalimat verbal yang bersifat menghakimi, mendikte, menyindir, merendahkan harga diri, membandingkan, mengancam, dan menyalahkan.

“Ayo, para orang tua ubahlah kalimat-kalimat tersebut menjadi pernyataan positif yang disertai dengan dukungan dan apresiasi. Tanya dan dengarkan pendapat, kondisi, dan saran dari mereka,” ajak Ifa (*)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here