Pemdes Prai Meke Gagas Desa Bebas Sampah

Pemerintah Desa (Pemdes) Prai Meke, Kecamatan Praya Tengah, Lombok Tengah mencanagkan memprogramkan ‘Desa Bebas Sampah’. Bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dengan memanfaatkan sampah yang bisa di daur ulang dengan menjadikannya hiasan kerajinan tangan
Foto : Kepala Desa Prai Meke H Salehudin (MetroNTB/Ist)

Lombok Tengah, MetroNTB.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Prai Meke, Kecamatan Praya Tengah, Lombok Tengah menggagas program ‘Desa Bebas Sampah’. Bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dengan memanfaatkan sampah yang bisa di daur ulang dengan menjadikannya hiasan kerajinan tangan.

Kepala Desa Prai Meke H Salehudin mengatakan, semua rumah di setiap dusun yang ada di Desa Prai Meke, pihaknya menyiapkan karung plastik untuk mengumpulkan sampah.

“Sampah yang bisa di daur ulang dibuat menjadi kerajinan tangan seperti bunga hiasan ada juga yang dijual dan lainnya. Program ini sudah berjalan sejak tahun 2020,” ungkapnya kepada MetroNTB.com, Rabu 7 Juli 2021.

Salehudin menuturkan sampah yang dikumpulkan oleh masyarakat akan diangkut menggunakan motor roda tiga dan dibayar sejumlah berapa sampah yang dikumpulkan.

“Dari hasil sampah yang dikumpulkan warga ada yang mendapatkan Rp. 100.000 bahkan ada yang sampai mendapat Rp. 500.000. Sampah dibayar menggunakan anggaran Bumdes yang dibayar satu kali satu minggu atau tergantung permintaan dari masyarakat,” terangnya

Dijelaskan, sampah yang di daur ulang menjadi bunga kemudian digunakan untuk mengikuti lomba pameran

“Kita pernah mengikuti pameran sepulau Lombok dan kita mendapat juara satu. Selain dibuat untuk pameran, bunga ini  juga pernah kita jual,” ungkap Salehudin

Ia menambahkan program ini merupakan salah satu upaya Pemdes untuk mengurangi angka sampah yang ada di Desa Prai Meke.

“Alhamdulillah masyarakat sudah mulai sadar untuk membuang sampah pada tempatnya karena kita sudah siapkan karung setiap rumah,” kata Salehudin menambahkan (Zan/Mn)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here