DTS 2021 Jadi Energi Positif Pendukung Ekonomi Digital NTB

Kadis Kominfotik NTB Najamuddin Amy pada rapat pemantapan DTS 2021 di NTB ini bersama perwakilan dari Balitbang SDM Kemenkominfo di Surabaya dan seluruh Kepala OPD Pemprov NTB di Ruang Rapat Utama (RRU) Kantor Gubernur NTB, Kamis 1 Juli 2021
Foto : Kadis Kominfotik NTB Najamuddin Amy pada rapat pemantapan DTS 2021 di NTB ini bersama perwakilan dari Balitbang SDM Kemenkominfo di Surabaya dan seluruh Kepala OPD Pemprov NTB di Ruang Rapat Utama (RRU) Kantor Gubernur NTB, Kamis 1 Juli 2021 (MetroNTB/Ist)

Mataram, MetroNTB.com – Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik Nusa Tenggara Barat (Diskominfotik NTB) Najamuddin Amy menilai program Digital Talent Scholarship (DTS) 2021 sebagai energi postif pendukung ekonomi digital.

DTS Tahun 2021 ini merupakan angin segar dan dapat memberikan energi bagi Provinsi NTB untuk menjadi fasilitator dan akselerator pendukung ekonomi digital,” ujarnya saat rapat pemantapan DTS 2021 di NTB ini bersama perwakilan dari Balitbang SDM Kemenkominfo di Surabaya dan seluruh Kepala OPD Pemprov NTB di Ruang Rapat Utama (RRU) Kantor Gubernur NTB, Kamis 1 Juli 2021

Dikatakan, melalui kesempatan ini Pemprov NTB melaui OPD-OPD, komunitas, masyarakat, institusi pendidikan tinggi, dunia usaha dan media bisa berpartisipasi untuk mengikuti pelatihan DTS ini.

“Memang untuk di pelatihan ini mebutuhkan proses. Karena ni dilakukan secara digital tidak bisa diikuti secara manual peserta harus didaftarkan secara online,” tuturnya

NTB mendapatkan tantangan langsung dari perwakilan BPSDM Kominfo Surabaya Eka menuturkan, kuota Scholarship di Indonesia sebanyak 100.000 orang .

Mengingat NTB sangat giat mengikuti acara DTS ini maka BPSDM memberikan tantangan kepada NTB siap atau tidak untuk 10.000 kuota kemudian ditambahkan 4.000 kuota yang akan dilakukan secara daring. Sehingga total kuota yang didapatkan NTB 14.000 talent dari 100.000 di Indonesia.

“Saya langsung mengatakan insyaallah, NTB siap untuk 10.000 kuota,” kata Najam

Untuk mensukses DTS tersebut, pihaknya bekerjasama dengan sejumlah Perguruan Tinggi diantaranya, Universitas Mataram (Unram), Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram dan juga Universitas Hamzanwadi Selong.

Ada sembilan kegitan DTS yakni Fresh Graduate Academy (FGA), Thematic Academy (TA), Profesional Academy (PROA), Digital Entrepreneurship Academy (DEA), Goverment Transformation Academy (GTA) dan juga Talent Sscouting Academy (TSA).

“Seluruh kegiatan ini memeiliki sasaran dan kuota masing-masing,” terang Najam

Ia berharap agar acara ini disambut dengan baik, kesempatan besar ini semoga dapat dimaksimalkan dan semoga acara DTS ini menjadi awal yang baik untuk Provinsi NTB.

“Diharapkan juga dengan adanya acara ini NTB bisa mendapatkan pencerahan, edukasi dan literasi terkait program yang akan dilaksanakan berkaitan dengan program unggulan yang ada di Provinsi NTB,” kata Najam menambahkan (*)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here