BLK Lotim Dorong Pelatihan Berbasis Penempatan

Kepala UPTP BLK Lombok Timur Sabar
Foto : Kepala UPTP BLK Lombok Timur Sabar (MetroNTB/Man)

Mataram, MetroNTB.com – Balai Latihan Kerja Lombok Timur (BLK Lotim) mendorong pelatihan tidak lagi berbasis kompetensi, tetapi pelatihan berbasis penempatan.

Kepala UPTP BLK Lombok Timur Sabar mengungkapkan pada tahun 2022 pelatihan tidak lagi berbasis kompetensi, tetapi pelatihan berbasis penempatan.

“Jadi, siswa yang telah dilatih di BLK atau LLK tidak hanya memiliki kempetensi, tetapi juga penempatan kerja,” ujar Sabar saat rapat yang dihadiri oleh perwakilan Hotel E-Commerce & Revenue Community (HERC) Lombok, Indonesian Food & Beverage Association, Asosiasi Chief Engineer Lombok dan perwakilan Kadin NTB.


Dikatakan, forum ini dapat menjadi jembatan antara dunia pelatihan dan dunia industri. “Oleh karena itu, dengan adanya forum ini, kami tahu anak-anak yang kami latih apakah dibutuhkan oleh dunia industri atau dunia kerja,” harapnya

Pada kesempatan itu, Sabar juga menyampaikan bahwa BLK Lotim akan melaksanakan sekitar 9 paket pelatihan tambahan tahun ini dengan kejuruan house keeping, front office, e-commerce, engineering dan Barista.

“Bentuk-bentuk pelatihan terbagi menjadi hard skilling, upskillng, dan reskilling. Dengan melibatkan peran asosiasi-asosiasi tersebut, diharapkan hasil pelatihan bisa terserap ke dunia industri,” tuturnya

Ia menambahkan, untuk pelatihan kejuruan engineering sudah menghasilkan 16 lulusan yang memiliki seritifikat kompetensi dan telah ditempatkan di dunia industri, bahkan menghasilkan wirausaha baru mandiri.

“Total ada 800 engineering yang membutuhkan sertifikat kompetensi agar dapat terserap di dunia industri. Untuk tahap selanjutnya pelatihan engineering dilaksanakan di BLKDLN Provinsi NTB,” kata Sabar menambahkan (*)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here