SNNU Diharapakan Jadi Solusi bagi Nelayan di tengah Pandemi Covid-19

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP SNNU Asep Irfan Mujahid
Foto : Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP SNNU Asep Irfan Mujahid (MetroNTB/Ist)

Lombok Barat, MetroNTB.com – Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama (SNNU) diharapkan menjadi solusi bagi masyarakat nelayan di tengah pandemi Covid-19.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP SNNU Asep Irfan Mujahid mengatakan penataan dan advokasi soal nelayan harus kuat secara struktural, pengurus-pengurus cabang langsung bersentuhan dengan kelompok basis ataupun kelompok nelayan yang tersebar di beberapa kampung nelayan.

“Kita posisi SNNU harus hadir melakukan pendampingan, melakukan advokasi, memberikan berbagai informasi yang diperlukan agar supaya nelayan-nelayan kita ini bisa lebih tercerahkan secara mindset. SNNU solusi bagi masyarakat nelayan,” ujarnya usai menghadiri pelantiakan SNNU Lombok Barat, Senin


Selain itu, PC SNNU terus melakukan upaya untuk memperdayaan agar mereka memiliki akses terhadap berbagai program pemerintah, akses terhadap lembaga-lembaga keuangan dan akses terhadap pemasaran hasil perikanan tangkapan mereka.

“Ini semua bisa dilakukan kalau kita bekerja secara struktural secara sistematis melalui kelompok-kelompok sosial kemasyarakatan seperti halnya SNNU tidak bisa dilakukan secara perseorangan di masing-masing nelayan,” tutur Asep

Kalau membiarkan nelayan, hasil laut ini diserahkan pada mekanisme pasar, maka yang ada nelayan yang dirugikan. Hal ini tentu menjadi Pekerjaan Rumah (PR) bagi pengurus SNNU.

“Itulah perlunya SNNU hadir untuk menjawab satu keinginan besar ataupun cita-cita NU menghadirkan kesejahteraan untuk warga pesisir,” kata Asep menambahkan (*)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here