Rudal Gugat Pansel Baznas Loteng

Ketua RUDAL Kusuma Wardana
Foto : Ketua RUDAL Kusuma Wardana (MetroNTB/Ist)

Lombok Tengah, MetroNTB.com – LSM Ruang Diskusi Anak Lingkar (RUDAL) menggugat Panitia Seleksi (Pansel) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupateng Lombok Tengah (Loteng). Pasalnya penjaringan calon komisioner Baznas Loteng yang diketuai Lalu Idham Khalid diikuti sekitar 14 orang.

“Dalam tahap pertama 10 orang yang lolos tes tulis dan wawancara. Yang seharusnya sesuai peraturan Baznas, Pansel seharusnya merekomendasikan 10 nama ke pusat dan Pemda Loteng,” ungkap Ketua RUDAL Kusuma Wardana, Kamis 17 Juni 2021.

Namun itu tidak dilakukan, kemudian melakukan pleno penetap tahap kedua dan menetapkan 5 nama untuk dikirim.


“Apa yang dilakukan Pansel itu sudah menyalahi perbaznas pasal 9 ayat 1,” jelasnya

Tidak hanya itu, lanjut Kusuma dalam perbaznas rekomendasi yang dikirim harus ditandatangani semua tim seleksi, faktanya tidak dilakukan, hanya ketua dan sekertaris Pansel yang menandatangani surat rekomendasi tersebut.

“Muncul pertanyaan dari kami ini ada apa, jelas sekali ada sebuah permainan terselubung dibalik tindakan ketua panitia seleksi,” tudingnya

Kusuma meminta Ketua Pansel menjelaskan argumen terkait penentuan calon pimpinan Baznas Loteng. Pihaknya menduga Pansel melakukan pelanggaran aturan.

“Masa iya seorang Ketua Pansel tidak tau aturan atau memang sengaja, tidak mau tau tentang aturan tersebut,” tanya Kusuma penuh heran (red)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here