Program Unggulan 99 Desa Wisata, Terobosan Pulihkan Ekonomi

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) NTB Najamudin Amy
Foto : Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) NTB Najamudin Amy (MetroNTB/Ist)

Mataram, MetroNTB.comProgram unggulan 99 Desa Wisata yang sejak awal digagas pemerintahan Zul-Rohmi terbukti menjadi jalan keluar pemulihan ekonomi pasca musibah gempa dan pandemi saat ini.

“Terobosan yang dilakukan Pemerintah Provinsi dengan program unggulan 99 Desa Wisata sangat terasa karena sekarang pemulihan ekonomi itu dilakukan dengan pemberdayaan potensi masyarakat sendiri,” ujar Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) NTB Najamudin Amy saat acara Bincang Gemilang di Hotel Astoria, Jumat 25 Juni 2021.

Beberapa diantaranya, lanjutnya pemberdayaan UKM atau IKM dengan produk lokal di JPS Gemilang dan progres pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika sebagai destinasi pariwisata super prioritas dengan agenda event internasional.


“Sebagai daerah tujuan wisata dunia, pengembangan Desa Wisata untuk mendukung  kebangkitan pariwisata akan mendatangkan manfaat dan kesejahteraan bagi masyarakat selain membangkitkan lagi industri pariwisata sebagai sektor andalan selain pertanian, kelautan dan lainnya,” tandasnya

Sekretaris Dinas Pariwisata NTB, Lalu Hasbul Wadi menambahkan Desa Wisata saat ini dihajatkan tidak lagi menjadi alternatif wisata. Di tahun ketiga ini, pengembangan Desa Wisata dengan konsep pentahelix harus dikelola bersama oleh Kabupaten/Kota, stakeholder terkait, perguruan tinggi, komunitas lokal dan dunia usaha agar menghadirkan pariwisata berkualitas dari jumlah kunjungan dan lama tinggal wisatawan.

“Sampai tahun kedua ada 41 Desa Wisata yang sudah ada dan 16 di tahun ketiga ini yang disiapkan dengan tata kelola yang baik,” tambahnya (*)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here