Pemprov NTB Apresiasi Rencana Unram Buka Prodi Dokter Spesialis

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (Pemprov NTB) mengapresiasi rencana Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Mataram (Unram) membuka Program Studi (Prodi) Dokter Spesialis
Foto : Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalillah (MetroNTB/Ist)

Mataram, MetroNTB.com – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (Pemprov NTB) mengapresiasi rencana Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Mataram (Unram) membuka Program Studi (Prodi) Dokter Spesialis.

Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalillah mengatakan, pembangunan kesehatan dan pendidikan di NTB, tidak bisa dilakukan oleh pemerintah sendiri. Salah satunya, kebutuhan dokter spesialis yang belum sebanding dengan jumlah penduduk.

“Semoga di masa depan, FK Unram dapat melahirkan dokter-dokter spesialis yang berkualitas terutama dalam mendukung program unggulan Revitalisasi Posyandu,” ujar Rohmi dalam sambutan kegiatan visitasi Konsul Kedokteran Indonesia secara daring bersama Rektor Unram, Direktur RSUP dan lainnya di Pendopo Wagub, Senin 14 Juni 2021.


Dengan akan dibukanya program studi Ginekologi (kebidanan) dan Obstetri (bedah) merupakan kontribusi Unram dalam pembangunan masyarakat seperti Indeks Pembangunan Manusia (IPM) juga masalah kesehatan lain seperti stunting, gizi buruk dan lain lain.

“Jumlah dokter bedah di NTB baru 38 orang. Hal ini mendorong Fakultas Kedokteran Unram yang telah terakreditasi A menyiapkan persyaratan maksimal agar kedua prodi tersebut segera dibuka,” tutur Rohmi

Sementara, Dekan FK Unram, dr Hamsu Kadriyan optimis, penyelenggaraan kedua prodi tersebut selain menjadi visi pengembangan lembaga pendidikan, kontribusinya bagi pembangunan kesehatan terutama pendidikan NTB sangat besar.

“Saat ini, fakultas yang didirikan 18 tahun silam dan terbilang muda sudah masuk 18 besar fakultas kedokteran terbaik Indonesia sesuai rilis badan akreditasi nasional perguruan tinggi atau BAN PT,” ujarnya

“FK Unram sangat mengapresiasi dukungan  pemerintah provinsi dalam pembukaan kedua program studi ini untuk kemajuan daerah,” kata dr Hamsu menambahkan (*)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here