BKSAP DPR RI Siap Jembatani Diplomasi Pendidikan dan Budaya di NTB

Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Mardani Ali Sera saat rapat bersama Gubernur NTB Zulkieflimansyah, para rektor se-NTB tentang Diplomasi Soft Power Indonesia melalui pendidikan dan pertukaran budaya di Ruang Rapat Utama kantor gubernur NTB, Selasa Juni 2021
Foto : Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Mardani Ali Sera saat rapat bersama Gubernur NTB Zulkieflimansyah, para rektor se-NTB tentang Diplomasi Soft Power Indonesia melalui pendidikan dan pertukaran budaya di Ruang Rapat Utama kantor gubernur NTB, Selasa Juni 2021 (MetroNTB/Ist)

Mataram, MetroNTB.com – Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI menyatakan kesiapannya untuk menjembatani diplomasi pendidikan dan budaya di Provinsi NTB,

Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Mardani Ali Sera mengatakan, pihaknya akan siap membantu dan menjembatani perguruan tinggi atau universitas-universitas di NTB memiliki kerjasama dengan universitas di luar negeri.

Terutama kerja sama dalam memperkuat SDM dan pengembangan bidang-bidang ilmu yang mampu bersaing dengan pendidikan internasional.

“Kami datang ke NTB ingin mendengar dan melihat problem-problem yang dihadapi dunia pendidikan dan kebudayaan. Kemudian kami akan menjembatani melalui diplomasi sehingga peran pendidikan dan kebudayaan bisa ikut memberi kontribusi di dunia global,” ungkapnya saat rapat bersama Gubernur NTB Zulkieflimansyah, para rektor se-NTB tentang Diplomasi Soft Power Indonesia melalui pendidikan dan pertukaran budaya di Ruang Rapat Utama kantor gubernur NTB, Selasa Juni 2021.

Menurutnya, kehadiran BKSAP) DPR RI memberikan kemudahan bagi daerah-daerah untuk membangun hubungan internasional dalam mengembangkan berbagai bidang pendidikan dan kekayaan kearifan lokal yang sangat kaya. Sehingga diharapkan pendidikan dan kebudayaan di Indonesia dapat dikenal secara luas oleh negara-negara lain, tentu ini harus didukung dengan potensi-potensi yang dapat bersaing dengan pendidikan di luar negeri.

“Salah satu tugas BKSAP adalah mendorong daerah-dearah di Indoensia memiliki komunikasi dan koneksi dengan negara-negara internasional baik dalam mengembangkan dunia pendidikan maupun pertukaran budaya secara luas. Misalnya, bukan hanya kita yang pergi belajar di luar negeri, tapi mereka juga kita dorong untuk belajar di Indonesia,” harapannya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur NTB, Zulkieflimansyah menyambut baik kedatangan BKSAP DPR RI dalam rangka melihat bagaimana eksotisme Lombok dan NTB secara umum. Baik itu kearifan lokalnya maupun penerapan dunia pendidikannya di setiap kampus-kampus yang ada di NTB.

“Mereka adalah senior-senior saya yang hebat. Mudah-mudahan kedatangan rombongan BKSAP DPR RI di NTB dapat membantu mengembangkan dunia pendidikan di NTB,” harap gubernur.

Kunjungan ini merupakan kunjungan awal rombongan BKSAP untuk mendengarkan berbagai saran dan masukan dari dunia pendidikan dan budaya di NTB. Kemudian hasilnya, anggota komisi satu sampai sepuluh DPR RI yang tergabung dalam  BKSAP akan menindaklanjuti dan merumuskan berbagai hal sebelum melalukan diplomasi dengan negara-negara internasional.

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI memiliki fungsi dan tugas untuk menjembatani hubungan diplomasi dengan negara-negara internasional terutama dalam bidang pendidikan dan pertukaran budaya di setiap daerah di Indonesia.

Diplomasi ini tentu berada di bawah naungan Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI yang sekaligus merupakan Alat Kelengkapan Dewan yang dibentuk untuk menjadi ujung tombak diplomasi parlemen. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here