RSUD NTB Gratiskan Pelayanan Otopsi dan Visum Bagi Masyarakat tidak Mampu

RSUD Provinsi NTB tetap akan melayani pasien dari warga masyarakat kurang mampu secara gratis, meski pasien tidak terdaftar atau tidak memiliki BPJS Kesehatan
Foto : Direktur RSUD Provinsi NTB, Dr H Lalu Herman Mahaputra (MetroNTB/Ist)

Mataram, MetroNTB.com – Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi (RSUD) Nusa Tenggara Barat (NTB) menggratiskan pelayanan otopsi dan visum bagi warga tidak mampu.

Direktur RSUD Provinsi NTB Lalu Herman Mahaputra mengatakan bahwa RSUD NTB telah hadir dengan fasilitas layanan yang lengkap dan paripurna.

“Instalasi Forensik merupakan salah satu unit yang melengkapi layanan RSUD Provinsi NTB,” ujarnya, Jum’at 7 Mei 2021.


Instalasi ini, terangnya menyediakan pelayanan kepada pasien dan keluarga pada kegiatan pemulasaraan jenazah
sampai dengan pelayanan kegiatan forensik dan medikolegal.

“Berdasarkan Kebijakan Gubernur NTB dan Wakil Gubernur NTB melalui Direktur RSUD Provinsi NTB telah memberikan akses layanan visum hidup atau mati dan otopsi bagi masyarakat tidak mampu secara gratis,” tutur dr Jack.

Menurutnya, pelayanan Visum Hidup atau mati secara gratis tersebut   diberikan khusus untuk penanganan kasus kekerasan pada anak, kasus kejahatan seksual (perkosaan atau pencabulan atau pelecehan seksual) , kasus KDRT, keracunan, kasus  penganiayaan umum, dan kasus  kecelakaan lalu lintas

“Pelayanan gratis juga diberikan bagi masyarakat tidak mampu yang membutuhkan pemeriksaan dalam  atau otopsi jenazah termasuk layanan  konsultasi parenting test,” kata dr  Jack menambahkan (*)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here