Gubernur NTB Dorong Kab/Kota Bangun TechnoPark

Gubernur NTB Zulkieflimanysah mendorong Kabupaten/Kota membangun TechnoPark untuk mendukung industrialisasi. Ia menilai keberhasilan NTB memproduksi alat rapid test antigen Entram menjadi penanda industrialisasi dibidang kesehatan, setelah sektor lainnya membuktikan potensi itu
Foto : Gubernur NTB Zulkieflimanysah (MetroNTB/Ist)

Lombok Barat, MetroNTB.com – Gubernur NTB Zulkieflimanysah mendorong Kabupaten/Kota membangun TechnoPark untuk mendukung industrialisasi.

Ia menilai keberhasilan NTB memproduksi alat rapid test antigen Entram menjadi penanda industrialisasi dibidang kesehatan, setelah sektor lainnya membuktikan potensi itu.

“Kami ingin science dan technopark itu ada disetiap kabupaten/ kota. Sebagai program pemerintah pusat, NTB satu satunya yang serius membangkitkan industri sebagai gerakan ekonomi baru,” ujar Gubernur di STIPark Banyumulek saat bertemu para bupati dan walikota se NTB melalui daring dalam kegiatan penyerahan bantuan rapid test antigen Entram, Senin 10 Mei 2021.

Bang Zul sapaan akrabnya mengatakan industrialisasi sejatinya memberi nilai tambah terhadap bahan mentah yang terdapat di daerah untuk diolah dan dikemas menjadi produk jadi yang siap pakai.

“Selama ini industri pengolahan terlanjur dibayangkan sebagai pabrik besar sehingga bahan mentah langsung dijual ke pabrik,” katanya

Ia menjelaskan, fungsi science dan technopark adalah mencari potensi industri bahan mentah, melakukan alih teknologi dan mendorong masyarakat melakukan industrialisasi mulai dari skala kecil.

“Era masyarakat saat ini harus mengalami proses industrialisasi tadi agar sejahtera dan dunia usaha akan menciptakan lapangan kerja dan lainnya,” tutur Bang Zul

Menurutnya, alat rapid test yang merupakan produk teknologi dan ilmu pengetahuan membuktikan kesanggupan masyarakat NTB menciptakan produk bernilai tinggi tak sebatas UKM makanan, pertanian, perikanan dan lainnya. Bahkan, sebelumnya sepeda listrik telah menjadi ikon kebangkitan industrialisasi NTB.

“Potensi inilah yang dilahirkan melalui science dan technopark nantinya di kabupaten/ kota dengan produk yang makin beragam,” kata menambahkan (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here