Terkait PTSL, Pemdes Bonder Keluhkan Kinerja BPN Loteng

Pemerintah Desa Bonder, Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah (Loteng) mengeluhkan kinerja Badan Pertanahan Nasional (BPN) Loteng terkait dengan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).
Foto : Kepala Desa Bonder Selamat Riadi (MetroNTB/Zan)

Lombok Tengah,MetroNTB.com – Pemerintah Desa Bonder, Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah (Loteng) mengeluhkan kinerja Badan Pertanahan Nasional (BPN) Loteng terkait dengan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Kepala Desa Bonder Selamat Riadi menyebutkan sekitar seribu lebih masyarakat penerima manfaat program PTSL di desa Bonder mulai dari tahun 2019 sampai sekarang belum clear.

“Sekitar 1.417 penerima manfaat PTSL dari tahun 2019 sampai tahun 2021 tidak tuntas. Padahal warga sudah membayar sesuai dengan SKB 3 Menteri kisaran Rp. 350.000 per persil,” ungkapnya kepada MetroNTB.com

Rebe sapaan akrabnya mengaku bahwa pihaknya sudah mendatangi Kantor BPN untuk meminta kejelasan terkait persoalan tersebut, namun jawabannya masih dalam proses.

“Kami curiga ada yang tidak beres di BPN ini,” tudingnya kesal

Rebe mengatakan sekian desa sudah banyak yang diselesaikan oleh BPN, tapi desa Bonder tidak jadi pernah menjadi atensi.

“Mulai dari tahun 2019 tidak pernah selesai. Sedangkan desa-desa yang lain sudah selesai. Padahal warga sudah memenuhi kewajiban dan tanggung jawabnya sebagai masyarakat,” keluhnya

Ia membeberkan banyak menemukan warga yang mengurus melalui oknum-oknum calo walaupun harus berbayar.

“Masyarakat sudah ada yang menggunakan jasa oknum calo untuk mengurus supaya persoalannya cepat selesai,” tuturnya

Sementara, Kepala BPN Loteng Lalu Suharly yang dikonfirmasi wartawan mengatakan, terkait dengan program PTSL yang ada di desa Bonder, menjelaskan bahwa besok akan ada pembagian sertifikat kepada masyarakat yang akan dibagikan oleh ketua tim dan penanggung jawab.

“Sebelumnya kita sudah bagikan sekitar 1143 bidang dan besok akan di bagikan kembali sejumlah 168 bidang,” cetusnya (Zan/Mn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here