Siapkan Pendamping UMKM Profesional, Alumni UGM Gagas “Kafegama Academy”

Foto : Ketua Umum Kafegama Cabang NTB Dra Hj Putu Selly Andayani (jilbab hijau) saat menyampaikan sambutan pada acara "Kafegama Academy", bertempat di Ponpes Darul Qur'an Bengkel, Kecamatan Labuapi, Lombok Barat, Jum'at 8 November 2019 (MetroNTB/Ist)

Lombok Barat, MetroNTB.com – Untuk menyiapkan para pendamping UMKM dan BUMDes yang profesional, Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) Yogyakarta, yang tergabung dalam Keluarga Alumni Fakultas Ekonomi Gadjah Mada (Kafegama) Cabang Nusa Tenggara Barat (NTB), menggagas “Kafegama Academy”, bertempat di Ponpes Darul Qur’an Bengkel, Kecamatan Labuapi, Lombok Barat, Jum’at 8 November 2019.

Ketua Harian Kafegama Cabang NTB Supiandi mengatakan, Kafegama Academy perdana itu akan berlangsung selama tiga hari.

“Kegiatan ini akan dilaksanakan selama tiga hari, mulai hari hingga tanggal 10 November. Pada hari terakhir (Minggu, red), sekaligus kami akan lakukan launching desa binaan, di Dasan Cermen, Kota Mataram,” katanya

Terkait lokasi pelaksanaan Kafegama Academy, Andi sapaan akrabnya mengatakan bahwa Ponpes Darul Qur’an dipilih sebagai lokasi kegiatan, karena Ponpes Darul Qur’an dipandang sesuai dengan kebutuhan kegiatan.

“Di ponpes ini, selain tersedianya peralatan yang dibutuhkan, juga ditunjang dengan media praktikum yakni lokasi percontohan UMKM,” tuturnya

Dijelaskannya, peserta Kafegama Academy selain para mahasiswa dari tiga perguruan tinggi di Kota Mataram, juga melibatkan unsur generasi milennial di luar mahasiswa.

“Kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta dari mahasiswa Unram, UIN Mataram, UNU NTB, dan peserta umum,” terang Andi

Ketua Umum Kafegama Cabang NTB Dra Hj Putu Selly Andayani mengungkapkan, Kafegama Academy tersebut sebagai bagian persembahan dari para alumni FEB UGM untuk masyarakat NTB.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mencetak para pendamping UMKM dan BUMDes yang profesional, yang dimentori langsung oleh alumni FEB UGM dan para dosen yang ahli di bidangnya,” ungkapnya.

Kepala Dinas (Kadis) Perdagangan Provinsi NTB mengatakan, kegiatan tersebut juga dihajatkan untuk membentuk agen perubahan di NTB, dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

“Agar anak-anak kita, adik-adik kita yang baru selesai kuliah S1 bisa menghadapi revolusi 4.0, dimana informasi komunikasi berbasis digital yang menjadi nomor satu,” cetusnya

Selly juga menegaskan bahwa lokasi Ponpes Darul Qur’an dijadikan lokasi, karena selain fasilitas pendukung memadai juga terdapat pembelajaran mental bagi peserta.

“Mereka diinapkan di ponpes. Mereka di sini akan belajar bagaimana cara membuat tanaman hidroponik, karena Ponpes Darul Qur’an ini merupakan contoh dari ponpes yang mandiri secara ekonomi,” jelasnya.

Ending dari kegiatan Kafegama Academy, kata Selly nantinya para peserta dapat menerapkannya di tengah-tengah masyarakat, untuk mendukung visi NTB Gemilang. Lebih-lebih di NTB sedang dibangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, dan telah ditetapkan sebagai destinasi wisata halal.

“Jadi, masyarakat yang tidak memiliki tanah atau lahan yang luas, jangan patah semangat. Mereka sudah bisa menanam dengan pola hidroponik, tidak membutuhkan lahan yang luas, tidak menggunakan pestisida, ini murah meriah dan perawatannya juga gampang,” tandasnya

Terpisah, Pimpinan Ponpes Darul Qur’an TGH. Halilussarby menyampaikan apresiasi tinggi, dengan dipilihnya Ponpes Darul Qur’an sebagai lokasi kegiatan Kafegama Academy.

“Alhamdulillah, telah diadakan pelatihan Kafegama Academy di Pondok Pesantren Darul Qur’an. Ini merupakan suatu hal yang sangat positif terutama bagi pondok kami, sehingga kami dapat belajar juga menimba ilmu dari Kafegama,” ungkapnya

Demikian sebaliknya, lanjutnya, rekan-rekan mahasiswa juga dapat beradaptasi dengan lingkungan dan kehidupan pondok pesantren.

“Kami atas nama pimpinan pondok pesantren menyambut positif kegiatan ini, dan kami ucapkan banyak terima kasih kepada Kafegama Provinsi Nusa Tenggara Barat, wabilkhusus kepada Ibu Hj. Selly yang telah memprakarsai kegiatan ini,” ucapnya

“Semoga para peserta nantinya bisa mengembangkan ilmu yang mereka terima di pelatihan Kafegama Academy ini,” kata cucu Hadratusyeikh Almaghfurullah TGH. Moh. Shaleh Hambali menambahkan (red)