IBS Consulting Kembali Gelar Seminar Pajak

CEO IBS Consulting Ida Bagus Suadmaya, SE, BKP bersama sejumlah peserta seminar
Foto : CEO IBS Consulting Ida Bagus Suadmaya, SE, BKP bersama sejumlah peserta seminar (MetroNTB/Ist)

Mataram, MetroNTB.com – Setelah sukses melaksanakan seminar pajak April 2019 lalu, IBS Consulting kembali menggelar seminar pajak bertempat di Lombok Plaza Hotel, Kamis 7 November 2019.

CEO IBS Consulting Ida Bagus Suadmaya, SE, BKP mengatakan, seminar pajak ini merupakan wujud Corporate Social Responsibilty (CSR) IBS Consulting untuk memberikan edukasi dan update aturan perpajakan.

“Seminar ini sebagai upaya mendukung peningkatan kepatuhan waijb pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakannya,” ujarnya

Dikatakannya, seminar kali ini merupakan kolaborasi IBS Consulting dengan LMATS Consulting-Bali yang mengangkat topik “Strategi Perencanaan PPN dengan memanfaatkan sistematika Faktur Pajak PKPM atau Demmed PPN”.

“Seminar ini menghadirkan dua (2) pembicara dari LMATS Consulting I Kadek Agus Ardika, SE, SH, M.Si, Ak, CA, BKP, Founder LMATS dan I Gusti Putu Ngurah Eka Putra Wijaya, SST, BKP – Senior Partner LMATS,” terang Ida Bagus

Ia menegaskan, topik Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sengaja dipilih kali ini terkait banyaknya kasus PPN yang disebabkan kurang pemahaman atas aspek fundamental PPN

“Potensi resiko PPN dan lemahnya pengadministrasian faktur pajak wajib pajak,” cetusnya

Untuk memberikan solusi pembukuan yang simple, akurat, realtime dan siap digunakan untuk kebutuhan pelaporan pajak, IBS Consulting menggandeng Jurnal.id by Mekari-Software Akuntansi Online #1 di Indonesia sehingga wajib pajak mendapatkan wawasan akuntasi yang kekinian sekaligus bisa memonitor bisnis dimanapun dan kapanpun.

“Jurnal.id sangat cocok diaplikasikan di kalangan usaha UMKM karena tidak perlu inventasi software yang mahal dan bisa berlangganan secara bulanan,” imbuhnya

Dalam seminar ini, lanjutnya juga sekaligus Jurnal.id telah menunjuk IBS Consulting sebagai Authorized Partner-Lombok Region.

“Seminar dihadiri 100 peserta yang mewakili ekosistem pajak di Mataram yang meliputi Konsultan Pajak, Akuntan, Dosen, UMKM, Pengusaha, Divisi Accounting/ Pajak Perusahaan, Bendahara Pemerintah, Mahasiswa serta kalangan umum,” tutur Ida Bagus

Penyelenggaraan seminar juga, tambahnya menggandeng Himpunan Mahasiswa Diploma Pajak (HIPMADIPA) Universitas Mataram sebagai upaya dari IBS Consulting mentransfer pengalaman kepada mahasiswa dalam pengelolaan manajemen seminar pajak dan mengenalkan mahasiswa kedalam ekosistem pajak.

IBS Consulting memperkenalkan manajemen seminar pajak digital dan mungkin menjadi seminar pajak sistem digital pertama di mataram yakni pendaftaran, konfirmasi dan E-tiket berbasis sistem online serta menggunakan absensi barcode untuk mendukung upaya paperless.

“Sistem seminar digital ini disupport dari PT. Khatulistiwa Teknologika yang fokus dalam pengembangan sistem online untuk pengelolaan data anggota asosiasi/perkumpulan, manajemen event dan perancangan sistem informasi perusahaan,” kata Ida Bagus menambahkan (red)