Gubernur Minta Pembangunan Smelter PT AMNT Maksimalkan Material Dalam Negeri

Mataram, MetroNTB.com – Gubernur NTB Dr Zukieflimansyah meminta dalam proses pembangunan Smelter dan Industri turunannya di KSB, PT AMNT memaksimalkan penggunaan material produksi dalam negeri.

Demikian disampaikan Gubernur saat rapat evaluasi progres pembangunan Smelter oleh PT AMNT di Kabupaten Sumbawa Barat, di Ruang Rapat Utama (RRU), Kantor Gubernur NTB, Rabu 6 November 2019.

Dikatakannya, pemerintah saat sekarang ini dalam posisi membantu dan akan memfasilitasi segala kebutuhan PT AMNT untuk mempercepat progres Smelter.

“Kalau ada kendala, segera beritahu kami. Agar kami segera melakukan komunikasi baik di tingkat daerah maupun di pusat,” tegas Bang Zul sapaan akrabnya

Sementara, Wakil Gubernur NTB Dr Sitti Rohmi Djalilah menilai, progres pembangunan Smelter berjalan dengan baik. Mulai dari pembebasan lahan Smelter seluas 850,16 hektar berjalan dengan baik.

‘Sedangkan untuk relokasi jalan nasional dan provinsi, alih fungsi pelabuhan Benete ke Pelabuhan Lalar dan regulasi-regulasi lainnya berjalan dengan baik,” katanya

Adapun kendala-kendala yang masih ada, Rohmi meminta agar terus dilakukan komunimasi yang intensif dengan pihak-pihak terkait.

“Secara umum pembangunan Smelter sudah on the ringht track. Dari pembenasan lahan dan regulasi semua berjalan baik. Adapun kendala yang ada lakukan pendekatan persuasif,” ucapnya

Sebelumnya, Direktur PT AMNT Rahmat Makassau mengungkapkan progres pembangunan smelter PT AMNT di Kabupaten Sumbawa Barat secara umum berjalan baik sesuai rencana.

“Kami optimis proses konstruksi akan berjalan baik sesuai waktu yang telah direncanakan,” ungkapnya

Turut hadir dalam rapat evaluasi  tersebut, Wakilrnur NTB, Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah, Bupati KSB, didampingi Pejabat Sekda NTB, Dr H Iswandi dan Asisiten II Provinsi NTB, Ir H Ridwan Syah (Hms/*)