Dewan Minta ITDC Prioritaskan Tenaga Kerja Lokal

Foto : Anggota DPRD NTB sekaligus Sekretaris Komisi II H Lalu Hadrian Irfani saat Reses di Dusun Lekor, Desa Lekor Kecamatan Janapria Lombok Tengah, Sabtu 8 November 2019 (MetroNTB/Ist)

Lombok Tengah, MetroNTB.com – Anggota DPRD NTB sekaligus Sekretaris Komisi II H Lalu Hadrian Irfani meminta pihak ITDC untuk memprioritaskan tenaga kerja lokal.

“Generasi muda seharusnya mempersiapan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas untuk menyambut event internasional yaitu MotoGp 2021 di KEK Mandalika,” ujarnya saat Reses di Dusun Lekor, Desa Lekor Kecamatan Janapria Lombok Tengah, Sabtu 8 November 2019.

Ketua PKB NTB mengungkapkan bahwa saat pihaknya turun kelapangan beberapa waktu lalu. Lalu Arie sapaan akrabnya menemukan tenaga kerja di kawasan KEK Mandalika diisi oleh warga luar bukan warga sekitar kawasan.

“Kami tanya satu persatu pihak ITDC dari mana sumber tenaga kerja ternyata didominasi oleh luar Lombok khusus di bidanga adminstrasi,” ungkapnya

Menurutnya, paling tinggi warga sekitar digunakan sebagai security, pembersih pantai dan sejenisnya.

“Ini karena SDM kita lemah. Oleh sebab itu perlu diperkuat skill generasi kita. Kita  dorong generasi muda untuk belajar bahasa Inggris, Arab bahkan bahasa Cina,” kata Lalu Arie

Ditambahkannya, kedepan wisatawan  dari semua penjuru dunia akan hadir di Lombok, mengingat Lombok menjadi tuan rumah MotoGP 2021.

“Mari kita siapkan SDM yang berkualitas di semua bidang. Kita jangan jadi penonton,” kata Lalu Arie menambahkan (red)