Sebanyak 687 Personil Polri-TNI Diterjunkan Operasi Gatarin 2019

Foto : Direktur Direktorat Lalu Lintas Polda NTB Kombes Pol Amin Litarso bersama Kapolda NTB Irjen Pol Nana Sudjana dan Danrem 162/WB (MetroNTB/Ndar)

Mataram, MetroNTB.com – Sebanyak 687 personil gabungan dari Polri dan TNI akan di terjunkan untuk melakukan pengawasan arus lalu lintas selama 14 hari kedepan dalam Operasi Gatarin 2019.

Direktur Direktorat Lalu Lintas Polda NTB Kombes Pol Amin Litarso mengatakan, operasi ini difokuskan pada kepatuhan pengendara terhadap kelengkapan administrasi.

“Mulai dari tanggal 23 Oktober ini sampai 14 hari kedepan. STNK dan SIM, itu yang lebih kita tekankan dalam operasi gatarin 2019 ini,” ujarnya usai gelar pasukan di lapangan Gajah Mada Mapolda NTB, Rabu 23 Oktober 2019.

“Termasuk Pajak kendaraan juga karena apabila pengendar itu tidak membayar pajak maka surat kelengkapan berkendaranya tidak sah,” sambungnya

Amin mengatakan, berbeda dengan operasi kendaraan pada tahun-tahun sebelumnya yang menekankan terhadap kepatuhan berkendara dijalan, operasi tahun ini menekankan terhadap pentingnya kelengkapan berkendara berupa surat administrasi kendaraan dan pengendara.

“Tahun-tahun lalu itu menekankan 3 aturan prioritas, yakni tanpa helm, melawan arus, dan melanggar kepatuhan berkendara lainnya. Operasi tahun ini dengan melibatkan TNI, kita lebih menekankan administrasi atau surat – surat berkendara. Karena melihat trand pelanggaran, untuk kesadaran berlalu lintas dijalan sudah baik namun belum tentu untuk administrasi,” ungkapnya.

Operasi Gatarin 2019, lanjutnya tidak hanya berlaku bagi pengendara sipil melainkan berlaku juga bagi internal. Karenanya dalam hal ini pihaknya melibatkan unsur TNI baik dari Polisi Militer, Angkatan Darat, Laut dan Udara juga Bidang Provesi Pengamanan.

“Keterlibatan unsur TNI dan Propam ini dimaksudkan agar operasi jauh dari praktik pungli,” pungkasnya (red)