Penanganan Kebakaran Rinjani dan Kebon Kongok Berjalan Cepat

Dokumen Humas

Mataram, MetroNTB.com – Penanganan kebakaran sebagian lahan hutan di Gunung Rinjani, Lombok Timur dan kebakaran lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kebon Kongok, Kacamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat berjalan cepat.

Demikian disampaikan Penjabat Sekda NTB Dr H Iswandi saat meninjau meninjau langsung kedua lokasi tersebut, Senin 21 Oktober 2019.

Iswandi mengawali peninjauan itu dengan mendatangi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kebon Kongok.
Tiba di lokasi seluas lima hektar itu, Doktor Iswandi langsung memimpin rapat penanganan kebakaran itu, di posko penanggulangan Kebakaran TPA Kebon Kongok.

Ia berharap kepada seluruh SKPD terkait untuk segera tanggap, sehingga pemadaman api segera tuntas termasuk dampak terhadap kesehatan dan sosial terhadap warga sekitar, serta tidak menganggu rutinitas proses pembuangan sampah dari tingkat RT ke TPS kemudian sampe ke lokasi TPA.

“Penangangan kebakaran itu sudah dilakukan pemerintah provinsi bekerja sama dengan jajaran Kabupaten Lombok Barat dan Kota Mataram sejak musibah itu terjadi,” kata Iswandi

Sejauh ini, lanjutnya penanganan kebakaran dilakukan secara bertahap per blok dari 17 blok yang ada. Penanganan yang dilakukan saat ini adalah dengan sistem siram-timbun tanah atau landfilling.

“Hal ini dilakukan untuk memutus rantai oksigen dan persiapan blok untuk menerima sampah Kota Mataram dan Lombok Barat yang mulai menumpuk,” tutur Iseandi

Untuk menangani 1 blok yang luasnya skitar 3000 m2, dalam 2 hari, atau sekitar 2×10 jam, diperlukan 1 buldozer besar. Alat ini diperlukan untuk meratakan sampah yang ada agar mudah dipadamkan.

Selain itu, BPBD mengerahkan 4 excavator, 1 mengurai sampah dan 3 mengisi dumptruck dengan tanah. BPBD juga mengerahkan 2 mobil pemadam kebakaran, 4 truck tangki air, dan 10 dump truck.

“Dengan sistem ini, kebakaran lahan ini tidak meluas dan perlahan mulai mengecil,” terangnya

Pantauan langsung di lapangan juga menunjukkan kepulan asap sudah semakin menurun seiring kerja keras pemerintah bersama stakeholder terkait

Hadir pada pertemuan tersebut Kalak BPBD NTB, Asisten II, Karo Kesra, Karo Pemerintahan serta Kadis Damkar Kota Mataram dam Kab. Lobar.

Usai ke Kebon Kongok, Iswandi kemudian bergerak menuju kawasan Gunung Rinjani yang terbakar dengan ditemani sejumlah kepala OPD terkait.

Hal ini dilakukan untuk melihat lebih dekat kejadian di lapangan serta memastikan penanganan berjalan lancar. Sehingga kebakaran di kawasan tersebut tidak meluas yang mengakibatkan terganggunya aktivitas para wisatawan yang menikmati keindahan Rinjani. (Hms/*)