Dekranasda NTB Gelar Lomba Desain Busana Tenun Khas NTB 2019

Foto : Ketua Ketua Dekranasda Provinsi NTB, Hj Niken Saptarini Widyawati (dua kanan) didampingi Kepala Dinas Perdagangan NTB, Hj Putu Selly Andayani saat menggelar konferensi pers di Ruang Rapat Utama (RRU) Kantor Gubernur NTB di Mataram, Jum’at 18 Oktober 2019 (MetroNTB/Tim)

Mataram, MetroNTB.com – Dewan kerajianan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) akan melaksanakan lomba kriya terbaik dan lomba desain busana tenun khas NTB 2019. Hasil Lomba itu akan diumumkan pada 14 Desember 2019 mendatang.

Ketua Dekranasda Provinsi NTB, Hj Niken Saptarini Widyawati mengatakan Dekranasda Award kali ini dimaksudkan untuk memacu perkembangan desain kriya NTB.

Sedangkan untuk lomba desain busana berbahan tenun khas NTB dimaksudkan memacu designer NTB dalam membuat karya berbahan tenun khas NTB. Sekaligus untuk mengangkat tenun NTB agar lebih dikenal secara luas baik generasi muda, masyarakat umum baik nasional maupun internasional.

“Dekranasda award ini difokuskan pada pengembangan hasil jadi produk kriya maupun busana motif tenun NTB. Kami harapkan lahir karya yang original, baru dan kreatif dari 10 kabupaten/kota yang ada di NTB,” ujar Niken didampingi Kepala Dinas Perdagangan NTB, Hj Putu Selly Andayani saat menggelar konferensi pers di Ruang Rapat Utama (RRU) Kantor Gubernur NTB di Mataram, Jum’at 18 Oktober 2019

Dijelaskannya, untuk lomba desain busana tenun khas NTB, Niken menjelaskan bahwa kategori yang dilombakan adalah busana kerja pria dan wanita, busana casual remaja wanita dan pria, busana malam wanita muslim dan kategori busana malam pria.

“Akan dicari 3 orang pemenang yang mampu menghasilkan karya busana tenun terbaik dengan tema Bahari”, terang Niken

Ia mengungkapkan bahwa juri untuk lomba busana tenun ini, terdiri dari dua orang juri designer nasional dan seorang juri akademisi desainer NTB.

“Komposisi juri yang merupakan perpaduan juri nasional dan regional/daerah,” ungkap Niken

“Dimaksudkan agar para produk yang menjadi pemenang nantinya bisa merepresentasikan NTB, tidak keluar dari pakem yang ada dan laku di pasaran,” sambungnya

Salah satu dewan juri Linda Hamidy menambahkan untuk lomba kriya terbaik akan dikelompokkan melalui kategori produk kerajinan yakni, kelompok keramik, kelompok serat alam, kelompok batu-batuan, kelompok kayu-kayuan, kelompok tekstil, kelompok logam dan kelompok material asli yang lain.

“Penilaian lomba kriya terbaik harus memenuhi unsur excellence, authenticity, inovatif, marketability, eco-friendly dan fair social responsibility,” katanya

Lomba ini terbuka untuk umum, lanjut Linda mahasiswa dan pelajar di NTB. Hasil terbaik Dekranasda NTB award untuk kriya tahun 2019 akan diikuti pada Dekranas Award tahun 2020 di Jakarta.

“Kami harapkan dengan adanya acara ini posisi para pengrajin dan designer di NTB bisa terangkat dan bisa go internasional,” tuturnya

Untuk diketahui, pendaftaran lomba ini masih dibuka hingga 6 Desember mendatang, sedangkan penentuan pemenang akan diumumkan di Hotel Lombok Raya pada 14 Desember mendatang.

Syarat-Syarat Mengikuti Lomba

1. Mengisi formulir pendaftaran
Formulir pendaftaran bisa didapatkan di dekranasda masing- masing kabupaten NTB dan di “Bale Kriya NTB” kantor Sekretariat Dekranasda Propinsi NTB.

2. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 100.000 per pakaian (panitia akan
menyediakan 2 kotak kudapan masing – masing untuk peserta lomba dan peraga
busana pada acara lomba tanggal 14 Desember 2019.

3. Menyertakan sketsa desain busana yang digunakan di atas kertas ukuran A4 dan ditempel di atas karton/hard paper. Sketsa berwarna dengan alat warna bebas (pensil warna/cat air/spidol). Pada ujung kanan atas lembar sketsa di cantumkan nama desainer dan kategorinya.

4. Desain wajib dilengkapi dengan contoh kain, bahan baku, desain aksesoris (sepatu, tas, hijab dll.)

5. Menyertakan deskripsi / cerita penjelasan tentang konsep desain dan bahan yang di pilih.

6. Peserta menyerahkan foto berwarna seluruh badan desainer ukuran 4R.

7. Sketsa desain dan kelengkapannya dikirim dalam amplop tertutup (dituliskan jenis kategori lomba di ujung kanan atas amplop) dan di kirimkan ke “Panitia Lomba Desain Busana Tenun Khas NTB 2019” dengan alamat “Bale Kriya NTB Kantor Sekretariat Dekranasda NTB, Jln. Langko No. 63 Sebelah Dinas Perdagangan Provinsi NTB Selambat- lambatnya diterima pada tanggal 9 Desember 2019.

8. Peserta diperbolehkan untuk mengikuti lomba lebih dari satu busana.

9. Satu pakaian diperagakan oleh satu orang model.

10. Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut bisa datang langsung ke Bale Kriya NTB, JI. Langko No.63 Mataram atau dapat menghubungi : Linda Hamidy (08123755576), Maya Sukmantara (08176479687) Dekranasda NTB Award untuk Kriya : Efdalius Ruswandi (0816586453), Riana Meilia (0811391710) (Tim/*)