Audisi Akademi Presenter NTB, Instrumen Wujudkan NTB Gemilang

Foto : Plt Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi NTB, Gde Putu Aryadi saat menghadiri audisi akademi presenter NTB tahun 2019, di Hotel Lombok Raya, Mataram, Sabtu 26 Oktober 2019 (MetroNTB/Ist)

Mataram, MetroNTB.com – Stasiun televisi INews TV Mataram bekerjasama dengan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) dan Diskominfotik Provinsi NTB menyelenggarakan audisi akademi presenter NTB tahun 2019, di Hotel Lombok Raya, Mataram, Sabtu 26 Oktober 2019

Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah dalam sambutannya diwakili Plt Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi NTB, Gde Putu Aryadi mengatakan, kegiatan pemilihan presenter ini menjadi instrumen penting untuk mewujudkan visi-misi NTB Gemilang.

“Lembaga penyiaran TV, Radio dan media penyiaran lainnya akan berkemajuan jika didukung SDM dan anak-anak Muda NTB yang bertalenta, sehingga tampil sebagai presenter-presenter handal untuk  mengenalkan NTB pada dunia,” ujarnya

Mantan Humas Pemkab Bima tersebut, menyebutkan audisi akademi presenter NTB itu, memiliki kaitan erat dengan kegiatan promosi potensi daerah.

“Anak-anak muda NTB lah yang lebih mengerti tentang potensi daerahnya sendiri untuk dipromosikan dan dipasarkan,” kata Ariyadi

Para peserta akan menjadi duta-duta NTB untuk mensyiarkan, mempromosikan dan mengenalkan NTB di kancah nasional maupun internasional,” sambungnya

Ariyadi mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh Direktur Inews TV Mataram, HM Samiarto tersebut, yang menurutnya telah memilih tema yang tepat dalam audisi ini.

“Setiap peserta diwajibkan mengangkat berbagai hal tentang ke-NTB an kita,” ucapnya

Terutama, lanjutnya program unggulan NTB Gemilang seperti progres pembangunan MotoGP di Mandalika, Zero Waste, 99 desa wisata serta banyak lagi kearifan budaya dan potensi ekonomi serta berbagai produk industri kerajinan rakyat yang perlu dipasarkan.

“Ini tentu sejalan dengan pembangunan yang sedang digencarkan oleh Gubernur, Dr Zulkieflimansyah dan wakil gubernur, Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah,” tegasnya.

Mantan Irbansus Inspektorat Provinsi NTB ini mengungkapkan bahwa salah satu program unggulan yang terus digiatkan oleh pemerintah provinsi adalah membangun 99 desa wisata dan mewujudkan NTB bebas sampah (Zero Waste)

“Kalau kita bicara tentang desa wisata, berarti kita membangun dalam konsep komprehensif. Artinya desa yang bersih, lestari dan kearifan lokal serta kebudayaannya-pun terus berkembang.  Juga toleransi serta UKM-nya yang maju. Tentunya keamanan desa harus terjamin dan tangguh,” tambahnya.

Desa yang disebut dengan desa wisata, lanjutnya, tidak hanya dilihat dari keindahan alamnya semata. Tetapi yang paling menentukan adalah daya tarik manusianya dan kreativitas sumber daya manusianya.

Sehingga dalam mewujudkan daya tarik NTB, baik daya tarik di sektor pariwisata maupun NTB ramah investasi dan ramah bagi para pengunjungnya

“Terletak pada kreativitas dan SDM yang inovatif dalam menciptakan nilai tambah produk serta menggali potensi dirinya untuk menjadi insan-insan pembangunan NTB yang profesional,” pungkasnya (red)