Ini Program Unggulan Zul-Rohmi Untuk Wujudkan NTB Gemilang

Mataram, MetroNTB.com – Di dalam RPJMD Provinsi NTB tahun 2019-2023, sesuai janji kampanye pasangan Zul-Rohmi, telah ditetapkan 19 program unggulan dalam mewujudkan misi NTB Sejahtera dan Mandiri.

Program unggulan NTB Gemilang Ekonomi, Pariwisata, Pertanian dan Industri. Didalam 19 program unggulan tersebut diantaranya.

1.Science Technology Industrial Park (STIP) Inovatif.
2. NTB Ramah Investasi.
3. UMKM Bersaing.
4. 99 Desa Wisata.
5. Pertanian Lestari.
6. Kampung Unggas
7. Apartemen Ikan.
8. Revitalisasi BLK.
9. Industrialisasi Produk Pertanian dan program-program unggulan lainnya.

Gubernur NTB, Dr Zulkieflimmenjelaskan menjelaskan bahwa aktor utama dari pembangunan industri tersebut, adalah dunia usaha yang berkembang baik.

Karenanya, STIP menurutnya merupakan trigle awal tentang industrialisasi di NTB.

“Industrialisasi adalah proses besar untuk menambah nilai tambah, sehingga membutuhkan inovasi teknologi,” katanya

Strategi industrialisasi, menurut Gubernur, perlu menggunakan pendekatan Import substitusional dan pendekatan Eksport.

“Pendekatan import Substitusional maksudnya, kita belajar dari negara-negara yang sudah maju, kita ambil satu produk teknologinya, kemudian pembelajaran dilakukan dengan metode ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi),” terangnya

Disinilah perlunya lembaga Research daerah harus mampu bekerja sama dengan  dunia industri. Selanjutnya, pihaknya akan lebih banyak mengirim atau mengeksport produk-produk kita dalam bentuk barang jadi.

“Kita harus memastikan NTB itu sehat, hangat, dan aman untuk investasi dan dunia usaha. Karenanya, Tugas pemerintah dan dunia pendidikan adalah menciptakan agar dunia usaha itu nyaman untuk lahirnya industri dan dunia usaha,” pungkasnya (red)