Groundbreaking Bendungan Meninting Kado Satu Tahun Zul-Rohmi

Foto : Foto : Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Dr. H. Zulkieflimansyah saat menekan tombol Sirine didampingi Direktur Jenderal Sumber Daya Air, Danrem/162 Wira Bhakti, Pejabat Sekretaris Daerah Provinsi NTB, Sekretaris Daerah Lombok Barat dan Kepala Dinas PUPR Provinsi NTB, H Azhar sebagai tanda Groundbreaking dimulainya pembangunan Bendungan Meninting, di Dusun Bukit Tinggi, Desa Penimbung, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat, Kamis 19 September 2019

Lombok Barat, MetroNTB.com – Groundbreaking Bendungan Meninting merupakan kado di satu tahun kepemimpinan Gubernur Dr. H. Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah (Zul-Rohmi)

Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, melakukan Groundbreaking menandai dimulainya pembangunan Bendungan Meninting, di Dusun Bukit Tinggi, Desa Penimbung, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat, Kamis 19 September 2019.

Penekanan tombol Sirine dan penandatanganan Prasasti oleh Gubernur NTB, didampingi Direktur Jenderal Sumber Daya Air, Danrem/162 Wira Bhakti, Pejabat Sekretaris Daerah Provinsi NTB, H Iswandi Sekretaris Daerah Lombok Barat dan Kepala Dinas PUPR Provinsi NTB.

Dalam sambutannya, Gubernur mengungkapkan kebahagiannya karena impian dari masyarakat NTB, untuk dapat menghadirkan sebuah Bendungan yang dapat menyelesaikan persoalan pengairan dan ketersediaan air bersih di NTB, khususnya di Lombok Bagian selatan, dalam waktu yang tidak terlalu lama.

“Ini bukan persoalan sederhana, tapi tidak ada yang tidak bisa diselesaikan, jika ada kemauan yang kuat. Hari ini kita menjadi saksi, bahwa Bendungan Meninting akan kita lakukan groundbreaking,” ujarnya

“Mudah-mudahan dengan adanya Bendungan Meninting yang sangat istimewa ini, banyak persoalan perairan dan air bersih bisa kita atasi bahkan sampai Lombok Selatan,” kata Bang Zul sapaan akrabnya

Ia juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Direktur Jenderal Sumber Daya Air, Dr. Hari Suparyogi, yang mengetahui detail-detail perairan di NTB dan menyarankan daerah-daerah mana saja yang dirasa cocok untuk dibangun.

“Atas nama Pemerintah Provinsi NTB kami mengucapkan banyak terima kasih, mudah-mudahan kehadiran bendungan yang istimewa dan luar biasa ini mampu menghasilkan pembangunan yang berkesinambungan, standar hidup yang lebih baik bagi masyarakat yang ada di Nusa Tenggara Barat,” ucapnya

Sementara, Dirjen Sumber Daya Air, Kementerian PUPR, Dr. Hari Suprayogi menyampaikan ucapan selamat atas satu tahun kepemimpinan Gubernur NTB.

“Provinsi NTB merupakan daerah yang memiliki Bendungan paling banyak di Indonesia,” katanya

Menurut data Kementerian PUPR, sebanyak 73 Bendungan kecil dan bendungan besar, NTB menempati peringkat pertama di Indonesia.

Ia menjelaskan, Bendungan Meninting mampu menampung debit air dengan kapasitas 8 juta kubik.

“Yang nantinya akan dimanfaatkan sebagai air irigasi dan air baku,” cetusnya

Selain itu, keberadaan dari Bendungan ini juga akan dikembangkan menjadi salah satu destinasi pariwista, yang akan menjadi nilai tambah dalam mengangkat ekonomi maayarakat di sekitatnya.

“Hari ini kita berada di Bendungan Meninting, bendungan ini memiliki tampungan lebih dari 8 juta yang manfaatnya adalah untuk irigasi dan jangan lupa untuk air baku, selain itu juga sebagai pengembangan pariwisata dan untuk mengangkat ekonomi masyarakat di wilayah bendungan,” terang Hari

Ia berharap, dengan Bendungan ini, pada tahun 2022 nanti, akan menghijaukan wilayah hulu di Pulau Lombok.

“Untuk itu, masyarakat Lombok harus kompak membangun Bendungan tersebut, sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap program Gubernur NTB, dalam membangun Nusa Tenggara Barat,” katanya menambahkan (*)