Gelar Seminar Pendidikan, Santri Darul Hikmah Diberi Motivasi Agar Terus Belajar

Lombok Tengah, MetroNTB.com –  Yayasan Darul Hikmah bersama Pengurus Ikatan Alumni Darul Hikmah (IKADHA), Desa Darek, Loteng, menggelar seminar pendidikan, Sabtu 14 September 2019

Hadir sebagai pembicara pada kesempatan itu Guru Besar FKIP UNRAM, Prof. H. Mahyuni PhD, Kabid Pemuda Dispora NTB Harun Al-Rasyid, dan stafsus Gubernur NTB Astar Hadi.

Dalam Seminar Pendidikan yang bertema “Gerakan Pemuda dalam Membangun Peradaban Bangsa” para pemateri lebih banyak menyemangati siswa pentingnya giat dalam belajar dan menuntut ilmu.

Prof. Mahyuni meminta agar para santri tetap semangat belajar demi meraih cita-cita.

“Yang paling penting bagi santri harus menghormati gurunya karena keberkahan ilmu yang didapat berasal dari penghormatan seorang santri pada gurunya,” katanya

Selain itu belajar kata dia, adalah kunci utama meraih sukses. Apalagi kini tersedia banyak sekali akses informasi digital yang bisa diakses setiap saat.

Pemateri lainnya Astar Hadi dalam kesempatan itu didapuk untuk mengurai subtema Peran Pemuda di Era Revolusi 4.0 dalam Visi NTB Gemilang.

“Seperti yang selalu disampaikan Gubernur NTB Bang Zul Zulkieflimansyah, bahwa sudah saatnya pemuda NTB menjadi tuan rumah di daerah sendiri,” kata Astar mengingatkan peserta seminar.

Dikatakan bahwa banyak program pendidikan seperti beasiswa luar negeri adalah salah satu jalan yang niscaya untuk menghadapi persaingan global di Era Revolusi Industri atau yang akrab disebut era 4.0 ini.

Diakui jika program beasiswa luar negeri tidak berarti menafikan perguruan tinggi yang di dalam negeri, melainkan juga dalam rangka memperkuat silaturrahmi global.

“Melalui pendekatan pendidikan mancanegara adalah tidak saja menyangkut kewajiban menuntut ilmu,” ungkapnya

Lebih jauh, Astar untuk memperkuat posisi tawar NTB dalam lanskap pertukaran budaya yang bertujuan membangun rasa percaya diri global masyarakat kita yang nantinya kembali tampil berkiprah di Pulau Seribu Masjid atau berdiaspora dengan wawasan multikultural yang lebih luas dan bertaji baik di negeri sendiri maupun di negeri orang.

Apalagi NTB ke depan, dengan hadirnya KEK Mandalika, MotoGP, Pariwisata Global dan Industrialisasi seperti yang termaktub dalam visi NTB Gemilang, maka kiprah pemuda akan menjadi titik sentrum kemajuan daerah kita.

“Dan sekali lagi hanya pendidikan yang mampu menjadi jalan terbaik merealisasikan cita-cita tersebut,” jelasnya. (red)