Dua Pemuda Mewakili NTB Di Ajang IYMDS 2019

Foto : Muhammad Wahyu Rosadi yang berasal dari Desa Sintung, Kecamatan Pringgarata, Kabupaten Lombok Tengah, dan Karman yang berasal dari Sumbawa Besar mewakili NTB diajang Indonesian Youth Marine Debris Summit (IYMDS) kembali diselenggarakan tahun ini pada 24-29 Agustus 2019 di Jakarta (MetroNTB/Istimewa)

Mataram, MetroNTB.com – Indonesian Youth Marine Debris Summit (IYMDS) kembali diselenggarakan tahun ini pada 24-29 Agustus 2019 di Jakarta.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Divers Clean Action ini mengundang 40 pemuda/pemudi dari seluruh penjuru nusantara yang memiliki ide dan gagasan kreatif untuk bekerja dalam menyelesaikan permasalahan sampah di Indonesia.

Melalui proses seleksi berkas yang sangat ketat, peserta dengan ide dan gagasan kreatif yang terpilih menjadi perwakilan provinsinya masing-masing.

Provinsi NTB diwakili oleh Muhammad Wahyu Rosadi yang berasal dari Desa Sintung, Kecamatan Pringgarata, Kabupaten Lombok Tengah, dan Karman yang berasal dari Sumbawa Besar.

Peserta yang terpilih akan dibimbing untuk memperluas pengetahuan serta wawasan mengenai permasalahan sampah di Indonesia melalui workshop dan mentoring dari berbagai ahli, praktisi, dan alumni IYMDS periode sebelumnya.

Peserta kemudian akan melakukan field trip sekaligus melakukan aksi clean-up dan diving atau snorkeling di Kepulauan Seribu untuk melihat bagaimana dampak yang ditimbulkan oleh sampah terhadap kehidupan secara langsung.

Peserta kemudian diajak untuk merancang Action Plan yang akan diimplementasikan di wilayah peserta masing-masing. Para peserta dengan action plan terbaik mempunyai kesempatan untuk menjadi perwakilan Indonesia dalam Our Ocean Conference.

Sebuah konferensi bergengsi tingkat internasional yang diinisiasi oleh U.S. Department of State yang mempunyai fokus pada marine protected areas, sustainable fisheries, marine pollution, dan climate-related impacts on the ocean di Norwegia, 2019.

“Mohon doanya semoga kami NTB terpilih menjadi peserta dengan action plan terbaik, dan bisa menjadi perwakilan Indonesia dalam acara Our Ocean Conference 2019 yang akan diselenggarakan di Norwegia,” ucap Wahyu (*)