Slogan “Sekarbela Bagus” Upaya Branding Pariwisata Kota Mataram

Mataram, MetroNTB.com – Camat Sekarbela Kota Mataram Cahya Samudra mengungkapkan bahwa Kecamatan Sekarbela punya slogan “Sekarbela Bagus”.

“Ini merupakan salah satu slogan yang terus kita gaungkan untuk mempromosikan potensi pariwisata di Sekarbela,” ungkap Cahya, Sabtu 27 Juli 2019.

Ia mengatakan, di Kecamatan Sekarbela banyak potensi wisata yang terus dikembangkan untuk memajukan pariwisata Kota Mataram.

“Kita punya banyak potensi pariwisata di Sekarbela seperti Taman Wisata, Makam Loang Baloq, pantai Tanjung Karang, Pantai Mapak, Pantai Gading,  Pengrajin emas, Mutiara Sekarbela, Wayang, Sentra kerajinan makanan olahan, Ikan Bakar, dan banyak lagi potensi kuliner lainnya,” tuturnya

Dijelaskannya, “Sekarbela Bagus” mengandung arti berprestasi, aman, gotong royong, usaha ekonomi kerakyatan, dan silaturahim. Kecamatan Sekarbela terdiri dari 5 kelurahan, 36 lingkungan dengan jumlah penduduk 60.000 membangkitkan semangat, kompak dan bangga.

“Tentunya dalam peningkatan SDM kami ingin bagaimana warga Sekarbela menjadi guide lokalnya di titik destinasi di Kecamatan Sekarbela dan kami siap bersinergi dengan Badan Promosi Priwisata Kota Mataram, dan Dinas Pariwisata Kota Mataram,” tegas Cahya

Sementara, anggota Badan Promosi Pariwisata Kota Mataram Lalu Muhammad Iswadi Athar mengatakan bahwa Sekarbela ini memiliki pantai yang bagus, tinggal dibutuhkan tangan-tangan yang kreatif.

Di Kota Mataram sepanjang pantai Tanjung Karang sampai terusan pantai Mapak Gading diperlukan petugas pengawas pantai ‘bay watch’ untuk wisatawan yang berkunjung dan mandi di pantai.

Selain itu, didestinasi di Kecamatan Sekarbela diperlukan guide lokal yang akan menemani tamu di kawasan destinasi wisata termasuk atraksi pertunjukan untuk meningkatkan ‘length of stay’ wisatawan di Kota Mataram dengan pementasan tradisi kebudayaan seperti wayang milenial, rudat, silat kijang dan seni musik lokal lainnya.

“Tentunya kita akan bersinergi dengan masyarakat,” kata Iswandi

Selain Mutiara Sekarbela ada juga potensi masyarakat yang tidak boleh terlupakan, salah satunya adalah ‘Tahu Kekalik’, dan tugu simbol kijang di Jalan Majapahit bukti peradaban yang akan bercerita kalau di gali arti dan makna simbolisnya.

“Kami berharap kedepan tahu Kekalik ini menjadi salah satu makanan favorit bagi wisatawan,” kata Iswandi menambahkan (Red)