Bupati Lobar : Sumber Ilmu Itu Membaca

Foto : Bupati Lombok Barat H Fauzan Khalid bersama Ketua Yayasan Inspirasi Anak Bangsa (YIAB), Eko Syahputra saat peresmian Kampung Baca Jasindo di Taman Kota Sandik, Selasa 23 Juli 2019

Lombok Barat, MetroNTB.com – Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid mendorong membaca sebagai hobi dan harus ditularkan ke masyarakat dan anak-anak. Membaca merupakan sumber ilmu.

“Membaca harus kita usahakan sebagai hobi. Membaca harus kita tularkan ke masyarakat dan anak-anak kita karena sumber ilmu itu adalah membaca,” katanya saat meresmikan Kampung Baca Jasindo di Taman Kota Sandik, Selasa 23 Juli 2019.

“Tidak ada ilmuwan atau para ahli yang tidak rajin membaca. Nilai kemanusiaan seseorang bisa kita nilai dari seberapa banyak dia membaca. Itu mungkin sebabnya wahyu pertama dalam Al-Qur’an itu adalah membaca,” tutur Fauzan

Kampung Baca Jasindo merupakan sarana berbahan kontainer yang disulap menyerupai ruang kelas untuk belajar dan membaca. Ruanganan yang nyaman dan dilengkapi dengan buku bacaan yang menarik diharapkan mampu menarik minat maayarakat, khususnya anak-anak untuk memanfaatkan fasilitas ini.

Kampung Baca didirikan PT. Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) Persero bekerjasama dengan Yayasan Inspirasi Anak Bangsa (YIAB) dan Pemkab Lombok Barat. Di Lombok Barat, PT. Jasindo mendirikan Kampung Baca di dua lokasi yakni Halaman Kantor Desa Rumak di Kecamatan Kediri, dan Halaman Taman Kota Sandik di Kecamatan Batulayar.

Bantuan yang diperkirakan bernilai lebih dari Rp. 500 juta ini nantinya akan dikelola oleh pemerintah desa dibawah pembinaan Dinas Arsip dan Perpustakaan Lombok Barat.

“Atas nama masyarakat Lombok Barat saya ucapkan terima kasih, dan mudah-mudahan ada lagi,” ucap Fauzan

Dalam kesempatan itu, Fauzan juga meminta para kepala sekolah, pihak kecamatan dan desa untuk menampilkan kreasi para siswa agar lebih menarik.

“Mohon kita menghargai pemberian ini dengan memanfaatkan sebaik-baiknya. Sekarang tugas kita semua melengkapi sarana bagi anak-anak kita,” imbuhnya (red)