KAMMI NTB Gelar Aksi Di KPU, Ini Tuntutannya Lengkapnya

Foto : Belasan PW KAMMI NTB saat menggelar aksi di depan KPU NTB, Senin 20 Mei 2019 (MetroNTB/Wahyu)

Mataram, MetroNTB.com – Pengurus Wilayah Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (PW KAMMI) Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar aksi di depan Kantor KPU NTB, Senin 20 Mei 2019.

Dalam aksi tersebut, Ketua Umum PW KAMMI NTB Andi Ardiansyah memberikan sebuah bendera kuning kepada KPU Provinsi NTB dan  memasang di sepanjang pagar KPU Provinsi NTB.

“Ini sebagai bentuk duka cita atas meninggalnya 527 orang petugas Pemilu serentak 2019,” ujarnya

Sementara, Komisioner KPU NTB, Agus Hilman yang menemui massa aksi menyatakan bahwa KPU Provinsi NTB akan menyampaikan aspirasi yang disampaikan oleh PW KAMMI NTB

“Kami siap menyampaikan aspirasi teman-teman KAMMI NTB ke pusat,” ujarnya singkat

Adapun tuntutan aksi PW KAMMI NTB

Pertama, turut berduka cita atas meninggalnya petugas pemilu serentak.

Kedua, mendesak agar DPR mendorong pemerintah segera membentuk Tim Gabungan  Pencari Fakta (TGPF) yang independen bersama  masyarakat sipil, dengan melibatkan berbagai pihak. Baik dari kalangan medis maupun tokoh masyarakat untuk menelusuri penyebab dari kematian ratusan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Ketiga, menuntut pemerintah bersama DPR RI dan Penyelenggara Pemilu (KPU, BAWASLU, dan DKPP) mengevaluasi pelaksanaan pemilu serentak secara terbuka dan independen.

Keempat, mengajak kedua belah kubu peserta pemilu berhenti memanfaatkan isu kemanusiaan untuk kepentingan politik praktis dan elektoral semata.

Kelima, menuntut pemerintah untuk segera merealisasikan santunan kepada korban penyelenggara pemilu. (Man)