Inspektorat Lobar Klaim Catatan BPK Tahun Ini Berkurang Dari Sebelumnya

Foto : Kepala Inspektorat Lombok Barat, H. Rachmat Agus Hidayat (MetroNTB/Humas)

Mataram, MetroNTB.com – Kepala Inspektorat Lombok Barat, H. Rachmat Agus Hidayat mengatakan bahwa pemerintah Kabupaten Lombok Barat berhasil meraihan WTP tahun 2019 memiliki peningkatan yang cukup baik.

“Walaupun masih diberikan catatan oleh BPK, tapi catatannya jauh berkurang dari sebelumnya,” ujarnya usai menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2018 se-NTB di Kantor BPK RI Perwakilan NTB di Mataram, Senin 27 Mei 2019.

Ia menjelaskan catatan-catatan yang diberikan oleh BPK terhadap opini LKPD di Lombok Barat 4 tahun terakhir ini berkurang.

“Catatan terkait dengan kepatuhanya, SPI, dan catatan kerugian daerah yang ditimbulkan dari beberpa OPD yang nampaknya masih belum utuh juga, tetapi secara menyeluruh kita lihat sudah ada teren peningkatan dari OPD-OPD itu untuk tidak mengulangi temuan-temuan, dan tidak membuat temuan-temuan baru,” jelasnya

Peningkatan tersebut, menurutnya berkat kerjasama, kerja keras, dan komitmen dari semua pihak. Hal tersebut juga tidak terlepas dari sifat “genem” yang selalu ditekankan oleh bupati.

“Genem diartikan bagaimana atas temuan-temuan yang tahun sebelumnya kita berkomitmen untuk memperbaiki dan menindak lanjuti serta tidak mengulangi pada tahun berikutnya. Dan itu nampak lima kali WTP kita,” cetusnya (red)