KPU Targetkan 80 Persen Partisipasi Warga Kota Mataram Pada Pemilu 2019

Foto : Ketua KPU Kota Mataram, M Husni Abidin bersama Ketua KPU Arif Budiman (MetroNTB/Istimewa)

Mataram, MetroNTB.com – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Mataram menargetkan angka partisipasi pada pemilihan umum (pemilu) 2019 bisa mencapai 80 persen.

Ketua KPUD Kota Mataram Husni Abidin optimistis target tersebut dapat tercapai jika melihat antusiasme masyarakat terhadap pemilu.

“Pemilu 2014 itu (partisipasi) sekira 70 persen, untuk tahun ini kita prediksi bisa sampai 80 persen,” ujar Husni di Mataram, NTB, Selasa (12/3).

Husni mengatakan, faktor pemilu serentak antara Pilpres dan Pileg akan memberikan dampak positif bagi kenaikan tingkat partisipasi pemilih.

“Pasalnya, masyarakat memiliki cukup banyak pendorong untuk menggunakan hak pilihnya lewat ketertarikan masyarakat mendukung paslon pilpres maupun caleg,” katanya

Husni menuturkan, masifnya kampanye yang dilakukan tim pendukung paslon capres maupun caleg diharapkan mendorong antusias warga untuk menggunakan hak pilihnya.

“Antusiasnya agak besar karena banyak faktor yang mendorong, entah itu dia (warga) mendukung caleg DPRD kota atau provinsi, DPD, dan DPR, atau capres,” tandasnya

Selain itu, KPUD Mataram juga cukup terbantu dengan keberadaan 55 relawan demokrasi yang setiap hari turun ke lapangan untuk menyampaikan sosialisasi tentang tata cara memilih.

Husni menegaskan, para relawan demokrasi yang mayoritas diisi generasi milenial aktif menyuarakan sosialisasi tata cara memilih kepada masyarakat Mataram, baik dengan cara berkunjung ke kampung atau sosialisasi di titik-titik keramaian yang ada di Mataram, seperti di Pasar Kebon Roek, Ampenan, Mataram.

“Kalau penyelenggara agak terbatas karena juga harus menyelesaikan tahapan-tahap, sehingga kehadiran relawan demokrasi sangat membantu sosialisasi,” cetusnya

Husni menambahkan, kesuksesan penyelenggaraan pemilu sejatinya tugas bersama, bukan hanya KPU dan Bawaslu.

“Saya mengajak peran serta tokoh masyarakat untuk ikut membantu sosialiasi pemilu kepada masyarakat,” pungkasnya (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here