HBK Dorong Inovator Pertanian Di Lombok Dapat Reward

Foto : Ketua Badan Pengawas dan Disiplin Partrai Gerindra, sekaligus Caleg DPR RI Dapil NTB II atau Pulau Lombok, H. Bambang Kristiono atau (HBK) (MetroNTB/Ist)

Mataram, MetroNTB.com – Ketua Badan Pengawas dan Disiplin Partrai Gerindra, H. Bambang Kristiono atau (HBK) mendorong adanya apresiasi dan Reward penghargaan untuk para inovator di sektor pertanian di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Para pemuda pedesaan dan kaum tani yang memiliki inovasi dalam pengembangan pertanian kita berikan reward dan apresiasi,” katanya, di Mataram, Rabu (20/3)

Ia pernah mendapat informasi bahwa ada petani di Narmara yang sedang menguji coba menanam strawberry yang bibitnya diambil dari daerah Sembalun.
Pohon strawbery tersebut bisa tumbuh dan berbuah sama seperti dengan yang ada di Sembalun.

“Ini merupakan salah satu inovasi yang luar biasa, karena selama ini orang berpendapat bahwa strawbery hanya bisa tumbuh di Sembalun yang punya ketinggian tertentu,” tutur HBK

Menurutnya, keinginan berinovasi yang awalnya hanya coba-coba saja dari petani tersebut, tentu dianggap hal yang biasa saja bagi kebanyakan orang.

“Niat dan kemauan untuk bereksperimen dan menciptakan inovasi seperti itulah yang sesungguhnya sangat dibutuhkan dalam pembangunan sektor pertanian Lombok ini,” kata HBK

Hal yang sama juga ditemukannya di Sembalun, Lombok Timur dimana masyarakat petani bisa memproduksi getah Ashitaba, tanaman asli Jepang yang hidup subur di Sembalun.

Selain itu juga, di Lombok Utara (KLU) yang berhasil memproduksi komoditi kopi khas Lombok.

“Pelopor-pelopor inovasi pertanian seperti ini yang harus kita dorong dan kembangkan, kemudian kita beri insentif berupa penghargaan dan apresiasi,” tandasnya (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here