Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, Adi Tahir : Pendidikan Karakter Dimulai Oleh Ibu

Foto : Anggota DPR RI, Adi Putra Darmawan Tahir dalam acara Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang menghadirkan lebih dari seratus orang ibu-ibu yang sebagian besar terdiri dari guru dan wali murid PAUD di Aikmel Lombok Timur (15/01/2019).

Lombok Timur, MetroNTB.com – Di era perkembangan tekhnologi saat ini, masyarakat Indonesia sedang menghadapi ancaman perubahan karakter masyarakat. Oleh karena itu menjaga karakter generasi bangsa Indonesia harus dimulai dari rumah-rumah.

“Ibu-ibu sebagai pihak yang paling dekat dengan anak-anaknya menjadi benteng pertahanan utama dalam menjaga karakter generasi bangsa yaitu anak-anak mereka. Baru kemudian diberikan pendidikan di sekolah,” ujar  anggota DPR RI, Adi Putra Darmawan Tahir dalam acara Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang menghadirkan lebih dari seratus orang ibu-ibu yang sebagian besar terdiri dari guru dan wali murid PAUD di Aikmel Lombok Timur (15/01/2019).

“Ibu-ibu memiliki peranan sangat penting dalam menjaga karakter anak-anak kita. Perkembangan tekhnologi saat ini sangat mengancam perkembangan wawasan mereka karena semua informasi dapat diterima dengan mudah melalui handphone dan televisi. Dampingilah anak-anak kita dan jangan terlalu cepat memberikan pegang handphone,” katanya.

Akibat perkembangan tekhnologi ini tentu berdampak terhadap pola fikir dan pergaulan anak. Apalagi, hal-hal penting seperti pemahaman tantang ideologi bangsa Indonesia dianggap kurang menarik dibandingkan dengan game atau bentuk hiburan lainnya.

Dampaknya tentu pada kurangnya pemahaman generasi kita tentang wawasan kebangsaan yang bersumber dari Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Saya khawatir, anak-anak kita sudah jarang yang hafal Sila-Sila dari Pancasila. Apalagi UUD 1945. Maka tugas ibu-ibu adalah menjaga mereka supaya tidak lupa dengan rumah besar kita, Indonesia,” tegas Adi tahir (red)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here