STKIP Tamsis Bima Menyiapkan Mahasiswa Berkompetensi Untuk Pembangunan Daerah Dan Negara

Oleh : Nunung Fatimah, M.Pd ( Kehumasan STKIP Taman Siswa Bima )

EXTRA HOT IKLAN

OPINI – Dalam mewujudkan nilai-nilai pancasila Republik Indonesia yang berkemanusiaan adil dan beradab, perlu adanya pemahaman yang mendalam didalamnya, salah satunya adalah dengan tetap berada dalam bingkai pengembangan basis keilmuan melalui pendidikan, sebab pendidikan dapat mewujudkan manusia yang mempunyai rasa Nasionalis yang kuat, serta menjungjung tinggi UUD 1945, Dan salah satu lembaga yang menyelenggarakan hal tersebut adalah STKIP Taman Siswa Bima.

MEDIUM IKLAN

Pada Tahun akademik 2016/2017 ini STKIP Taman Siswa Bima, Selain dari Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang memang wajib dilaksanakan yakni perkuliahan, juga melakukan beberapa kegiatan dalam rangka menunjang penguantan sumber daya manusia, baik itu di tingkat mahasiswa maupun tenaga pengajar, dan karyawan di ruang lingkup STKIP Taman Siswa Bima, Sebab SDM merupakan satu kekuatan Daerah maupun Negara, yang mempengaruhi semua sektor kehidupan manusia, baik aspek ekonomi, politik, sosial, budaya, khususnya aspek pendidikan itu sendiri.

LOW HOT IKLAN

Beberapa acara itu dilaksanakan STKIP Taman Siswa Bima Pertama Bimtek Penulisan Proposal Bagi Peneliti dan Pengabadian Masyarakat, yang harus dilakukan oleh tenaga pengajar, untuk mengetahui langsung apa yang menjadi masalah dalam perguruan tinggi maupun diluar masyarakat luar entah itu bersifat Lokal maupun Nasional, selain itu untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang menunjang mutu pendidikan. Sehingga apabila ditemukan kelemahan-kelemahan kita dapat memperbaikinya dalam rangka pengembangan Perguruan Tinggi itu sendiri sebagai subyek penelitian ini, serta pembangunan Daerah, Negara dan basisnya pendidikannya adalah STKIP Taman Siswa Bima.

Kedua Perkembangan Keilmuan yang semakin tajam secara Nasional yang menyebabkan perguruan tinggi dalam hal ini STKIP Taman Siswa Bima dituntut untuk makin kompetitif dalam melayani kebutuhan masyarakat. Nilai kompetitif perguruan tinggi sebenarnya terletak pada kemampuan dalam melayani mahasiswa dan menghasilkan lulusan yang bagus untuk bersaing secara National maupun Internasional. Menghadapi kondisi demikian, berbagai saran mengatakan bahwa, sudah waktunya perguruan tinggi melakukan perubahan-perubahan strategis, sehingga dapat mendukung tumbuhnya mahasiswa dan produk lulusan yang makin kompetitif tersebut, Dalam rangka mempersiapkan mentalitas dan daya saing secara keilmuan terhadap mahasiswa sebagai peserta debate pada seleksi National University Debating Champhionship (NUDCH) di Bali yang dilaksanakan pada tanggal 20-22 Juli 2017 yang lalu, STKIP Taman Siswa Bima juga menyiapkan peserta dalam acara tersebut.

Untuk itu, STKIP Taman Siswa Bima, sebagai salah satu perguruan tinggi yang berperan dalam wejudkan pembagunan daerah, selalu memacu diri untuk dapat bersaing secara lebih terbuka, agar mahasiswa dan lulusannya lebih kompetitif dan komparatif. Disamping itu, selalu berusaha untuk meningkatkan profesionalitas dan kemandirian mahasiswa, serta membina atau melatih karakter mahasiswa agar mempunyai jiwa-jiwa pesaing di kanca Internasional, karenanya perlunya penguatan terhadap SDM mahasiswa itu sendiri.

Sementara perkembangan mahasiswa STKIP Taman Siswa Bima dalam membaca di perpustakaan semakin meningkat dan hal ini dibuktikan semakin naik setiap harinya, dan untuk tahun 2017 minat membaca oleh mahasiswa berdasarkan data dari kepala perpustakaan sebanyak 2000 mahasiswa, oleh karena membaca adalah suatu rangkain dalam membina dan mewujudkan lulusan yang mempunyai SDM yang kuat, dengan menyiapkan mahasiswa yang berkompentensi untuk pembagunan manusia, serta pembanguan Daerah, sehingga STKIP Taman Siswa Bima tidak akan pernah bosan dalam meningkatkan sarana dan prasarana, salah satunya adalah sarana perpustakaan.

Selain dari capaian Ketiga diatas Dalam rangka mengabdi kepada masyarakat STKIP Taman Siswa Bima melaksanakan Pembekalan PPL-KKN Terpadu Pada Tanggal 17 Juli 2017 yang lalu dan di ikuti oleh 529 Mahasiswa dari berbagai Program Studi diantaranya 444 untuk 7 Prodi yakni Prodi Penjaskesrek, PTI, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Matematika, dan Pendidikan Fisika, Serta 85 Mahasiswa dari PPL Reguler, dengan keseluruhan peserta menggunakan seragam hitam-putih dan jas kebanggaan Almamater Merah, program tersebut sebagai program unggulan STKIP Taman Siswa Bima dalam mengabadikan mahasiswa dalam kehidupan masyarakat dan pendidikan yang akan dapat membantu mewujudkan bima yang lebih baik, sehingga dapat di rasakan dampaknya ditingkat Nasional.

Sedangkan Kelima Diskusi dan silaturahmi yang diselenggarakan STKIP Taman Siswa Bima Sabtu 29/7/2017, dengan tema “Hak Konstitusional Pendidikan Bagi Warga Negara”Hadir sebagai pembicara pada saat itu, Wakil ketua Mahkamah Konstitusi Bapak Dr. H. Anwar Usman, SH, MH, diselenggarakan di Auditorium Sudirman Kampus I STKIP Taman Siswa Bima, tentunya hal ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman tentang Hak Konstitusi bagi warga Negara sejak MK dilahirkan di Indonesia pada 16 Agustus 2003 yang lalu dengan kewenangan Menguji undang-undang, sengketa kewenangan lembaga Negara, pembubaran partai politik dan perselisihan hasil pemilu. Selain itu STKIP Taman Siswa Bima semakin menunjukan eksistensinya untuk tetap berada di garda terdepan dalam membanguan daerah, khususnya Kota dan Kabupaten Bima untuk tetap menjaga persatuan NKRI.

Penulis menganggap bahwa wawasan kebangsaan penting untuk dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia, sehingga dapat memahami tanggungjawab dan mengetahui hak konstitusional warga Negara, maka STKIP Taman Siswa Bima menjadi perguruan tinggi yang sangat rutin untuk menghadirkan tokoh-tokoh Nasional, sebab kehadiran mereka dapat memberikan motivasi tersendiri kepada mahasiswa agar terus belajar demi masa depanya yang baik tentu dengan modal ilmu pengetahuan yang dimiliki sebagai upaya dalam rangka menyebarkan sayap-sayapnya agar dikenal di mata Nasional.

Sementara yang Keenam mengenai acara di luar dari pada kegiatan belajar mengajar (KBM) adalah acara Diskusi Bersama Dengan Wakil Ketua DPD RI Prof. Dr Farouk Muhammad dengan Tema Membangkitkan Semangat Nasionalisme Indonesia, lagi-lagi STKIP Taman Siswa Bima, menunjukan eksistensinya sebagai perguruan tinggi utama di Bima dalam pembangunan SDM, sehingga menjadi perhatian dari berbagai pihak, termasuk tokoh-tokoh Nasional, selain ada keuntungan dari lembaga STKIP Taman Siswa Bima, juga memberikan pemahaman bagaimana tetap semangat dalam menjaga nasionalisme sebagai warga negara Indonesia.

Untuk menjemput beberapa hal yang sudah dilaksanakan tersebut, STKIP Taman Siswa Bima, bersilaturahmi di Universitas Brawijaya (UB) Malang, dan menjalin kerja sama dalam meningkatkan tenaga pengajar untuk masa depan pendidikan yang maju sesuai dengan nawa cita negara Indonesia. Dan hal tersebut langsung ditandangani oleh Bapak Dr. Ibnu Khaldun M.Si selaku ketua STKIP Taman Siswa Bima, di ruangan Pimpinan Universitas Brawijaya (UB) Malang. Selain itu Sebagai Bukti Majunya Sistem manajemen yang Diterapkan oleh STKIP Taman Siswa Bima, membuat Kemenristtek Dikti memberikan Program Asuh Perguruan Tinggi Unggul Wilayah Indonesia Timur, kepada STKIP Taman Siswa Bima Tahun 2017 Dalam acara yang berlangsung selama empat hari tersebut dilaksanakan di Hotel Mutmainah Mulai Tanggal 09 S/D 12 Agustus 2017, Acara ini bertujuan untuk menyesuaikan Dengan Sistem Penjamin Mutu Internal (SPMI), Sementara Yang dianjurkan oleh Kemenristek Dikti. Kemenristek Dikti Memberi mandat kepada Universitas Brawijaya Malang, sebagai Narasumber dan sekaligus Fasilitator pelaksana kegiatan ini. Universitas Brawijaya Malang sebagai penerima mandat dari Kemenristek Dikti di Wakilkan oleh Lima orang, yang terdiri dari (2) Perempuan (3) laki-laki, semnatara Tiem ini membina peserta pelatihan yang berjumlah 20, terdiri dari dosen dan unsur pimpinan STKIP Taman Siswa Bima, di Hari pertama dengan agenda pelatihan untuk membahas tentang regulasi penerapan SPMI dan saling tukar pikiran tentang pengalaman UB Dalam menjalankan SPMI. Begitu juga sebaliknya dihari kedua pihak fasilitator membagi peserta kedalam tiga kelompok untuk merancang penerapan Sistem Penjamin Mutu Internal (SPMI), di STKIP TSB dan melakukan Des Efaluasi bagi Prodi-Prodi yang mendapatkan nilai Akreditasi C, Dihari ketiga akan mempraktekan menjadi auditor Internal pada tiap kelompok akan dibagi Audity, Dan Auditor.

Berdasarkan beberapa poin di atas penulis menganggap bahwa STKIP Taman Siswa Bima, sudah menunjukan sebagai lembaga pendidikan yang betul-betul serius memberikan pendidikan yang layak terhadap mahasiswa, untuk mempersiapkan generasi-generasi bangsa yang mempunyai integritas, keilmuan, semua ini dilaksanakan untuk misi kemanusiaan, kedaerahan dan kenegaraan kita di Indonesia. selain itu yang tersebut diatas ini adalah semakin memperjelas STKIP Taman Siswa Bima dalam Menyiapkan Mahasiswa Berkopotensi  Untuk Pembangunan Daerah Dan Negara seperti tema yang penulis bahas dalam kesempatan ini akan selalu DIWUJUDKAN !!!!

Penulis : Nunung Fatimah, M.Pd ( Kehumasan STKIP Taman Siswa Bima )

Comments

comments