Pemkab Gianyar gandeng IPB kembangkan potensi pertanian.

EXTRA HOT IKLAN

Gianyar, MetroNTB.com – Pemkab Gianyar menggandeng Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk mengembangkan potensi pertanian di Kabupaten Gianyar.

MEDIUM IKLAN

Kerjasama itu meliputi bidang pengembangan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, pengembangan laboratorium pendidikan, pertanian dan lingkungan hidup, penyediaan bantuan tenaga ahli. Selain itu, penyediaan dan pengelolaan sarana dan prasarana penunjang yang relevan dengan upaya pengembangan pertanian dalam arti luas, seperti telah dipasangnya Automatic Weather Station (pengukur cuaca automatis) di BPP Ubud beberapa waktu lalu. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pertanian, Perhutanan dan Perkebunan Kabupaten Gianyar, Made Raka.

LOW HOT IKLAN

Ditambahkannya, Kabupaten Gianyar saat ini memiliki lahan pertanian dengan total luasan mencapai 14.700 Hektar. Luas lahan pertanian yang paling utama ada pada zone kawasan didaerah lahan sawah maupun kering/dataran tinggi, dimana telah dikembangkan komoditas manggis, papaya dan bawang merah serta komoditas hortikultura yang mampu memberikan prospek bagi peningkatan pendapatan petani dan berpengaruh nyata terhadap peningkatan kesejahteraan petani dan masyarakat luas.

Sementara itu, Bupati Gianyar A.A Gde Agung Bharata mengatakan kerjasama ini diharapkan dapat mendukung komitmen Kabupaten Gianyar sebagai daerah yang memiliki potensi dalam pengembangan sector pertanian. Dengan adanya kerjasama dalam bidang teknologi seperti teknologi budidaya, teknologi sosial dan ekonomi yang semakin maju, perkembangan sector partanian diharapkan mampu memberikan nilai positif bagi masyarakat luas terutama meningkatkan kesejahteraan para petani.

“Dengan adanya bantuan pada bidang teknologi ini, saya yakin pertanian di Gianyar akan tambah maju dan bisa mensejahterakan para petani sehingga hal ini dapat menekan alih fungsi lahan di Gianyar” ujar Bupati Bharata saat menerima Tim Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dari Institut Pertanian Bogor, senin (31/10) di Hotel Gianyar.

Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr. Ir. Agus Oman Sudrajat, M.Sc menyatakan kesiapan pihaknya untuk membantu sepenuhnya upaya dari Pemkab Gianyar dalam mengembangkan sector pertanian di wilayah Gianyar.

Pada kesempatan itu pula, para peserta Forum Group Discution yang terdiri dari para petani, penyuluh pertanian dan SKPD terkait di sajikan pemaparan tentang Klinik Kesehatan Hewan oleh Drh. R. Harry Suartono, Pemaparan Alat Automatic Weather Station oleh Prof. Dr. Ir Handoko, M.Sc, pemeparan klinik tanaman oleh Dr. Ir Widodo, M.Sc, serta pemaparan Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) oleh Prof. Dr. Ir Muladno.(oscar)

Comments

comments