NTB Jadi Inisiator DBIP Di Indonesia, Wagub : Desa Ujung Tombak Pembangunan

EXTRA HOT IKLAN

MATARAM, MetroNTB.com – Festival Desa Benderang Informasi Publik (DBIP) merupakan kelanjutan dari pencanangan DBIP oleh Gubernur NTB pada Oktober​ 2016 lalu.

MEDIUM IKLAN

“DBIP ini pertama kalinya dilaksanakan di Indonesia, dimana Provinsi NTB menjadi inisiator dari program Desa Benderang Informasi Publik (DBIP) di Indonesia yang kemudian diadopsi menjadi program nasional,” ujar Wakil Gubenur NTB,  H. Muh Amin saat membuka Festival Desa Benderang Informasi Publik (DBIP) Nasional 2017, di Hotel Lombok Raya, Selasa (28/11/2017)

LOW HOT IKLAN

Amin menjelaskan bahwa desa merupakan ujung tombak pembangunan daerah dan nasional.

Lanjutnya, disebut sebagai ujung tombak, karena semua potensi pembangunan sesungguhnya berada di desa.

“Baik potensi ekonomi seperti pertanian, peternakan, pariwisata,  nilai nilai sosial budaya, kegotongroyongan dan potensi hankam dan politik lainnya,” terangnya.

Ditegaskannya, semua potensi tersebut harus dikelola dengan baik melalui kerjasama kemitraan antara pemerintah Desa dan seluruh masyarakatnya, sehingga kesejahteraan dapat diwujudkan

“Saya minta para Kepala desa berani tampil membangun desa dan transparan dalam menggunakan anggaran dana desa, agar penggunaannya tepat sasaran dan para kepala desanya terhindar dari masalah-masalah hukum,” imbuhnya

Amin juga berharap agar kepala desa dan seluruh peserta yang hadir ikut untuk menjaga stabilitas ekonomi, politik, dan keamanan di NTB.

“Jaga ketentraman, kenyamanan dan keamanan mulai dari desa dan seterusnya, karena bila kesemuanya itu bisa kita jaga maka investasi tidak akan ragu masuk ke daerah ini,” pintanya.

Amin juga menegaskan bahwa dengan masuknya investasi akan banyak membuka peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat.

  1. “Sehingga berkontribusi positif  terhadap penurunan angka pengangguran dan kemiskinan dapat terwujud,” tegasnya

Comments

comments