LP2M UIN Mataram Gelar Diskusi Penguatan Kapasitas Dosen

EXTRA HOT IKLAN

MATARAM, MetroNTB.com –  Lembaga Penekitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram menggelar diskusi penguatan kapasitas dosen dalam bidang penelitian, pengabdian berbasis Research dan publikasi ilmiah, bertempat di Auditorium Kampus I UIN Mataram, Sabtu (9/9)

MEDIUM IKLAN

Turut hadir dalam acara pembukaan, Rektor UIN Mataram, Dr H. Mutawalli, Kepala Seksi Publikasi Ilmiah Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Islam Kemenag RI, Dr. Mahrus, Wakil Rektor I, Dr. H. Masnun Tahir, Kepala Pusat Penelitian dan Publikasi, Dr. Jumarim, para dekan dan seluruh dosen UIN Mataram.

LOW HOT IKLAN

Kepala LP2M UIN Mataram, Dr. M Sobri mengatakan bahwa kegiatan pada hari ini yang diikuti oleh seluruh dosen, sebagai salah satu cara untuk memberikan penguatan kepada seluruh dosen UIN Mataram. Bukan berarti dosen UIN Mataram tidak memiliki kapasitas, tetapi untuk menambahkan wawasan dalam penelitian dan pengabdian.

“Diharapkan, para dosen bisa menambah wawasan di bidang penelitian, pengabdian masyarakat berbasis research dan publikasi ilmiah. Karena pengetahuan dan wawasan itu selaluberkembang dan bertambah, up date terbaru tidak dimiliki oleh para dosen kita. Semoga kegiatan ini bisa memberikan informasi ter up date, ” ujar Sobri di sela- sela acara

Selain itu, Sobri juga mengatakan, kegiatan ini juga dihajatkan untuk mensosialisasikan kebijakan Diktis yang terbaru terbaru saat ini yang berkaitan dengan penelitian 2018.

Untuk penelitian 2018 proses pengajuan dari sekarang tajun 2017. Dengan syarat dosen harus mengajukan proposal penelitian terlebih dahalu untuk penelitian 2018 mendatang.

“Akan menjadi masalah bagi PTKAIN, jika tidak ada dosen yang mengajukan proposal penelitian, maka akan berpengaruh terhadap diva kita,” terangnya

Sementara, Rektor UIN Mataram, Dr. H. Mutawalli mengungkapkan, transpormasi UIN Mataram harus disertai dengan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) para dosen.

“Sebgai yang telah diamanahkan oleh PermenPAN dan RB No 17 Tahun 2013 menyatakan bahwa dosen harus berfungsi optimal, professional, kinerja yang berkualits dan para dosen didorong untuk berkompetisi secara internasionl,” ungkapnya

Rektor menambahkan, penelitian dan pengabdian di UIN Mataram sebagai tolak ukur pengembangan keilmuan di dunia kampus, laporan rekaman aktivitas keilmuan dan media komunikasi ilmiah tentang gagasan dan ide baru para civitas akademika serta sebagai parameter kualitas PTKI.

“Maka, UIN Mataram harus lebih progresif dalam mengembangkan riset-riset unggulan dan publikasi karya ilmiah yang bermutu dan berkualitas,” kata Mutawalli menambahkan.

Usai kegiatan pembukaan, dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kepala Seksi Publikasi Ilmiah Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Islam Kemenag RI, Dr. Mahrus dan diskusi yang dipandu oleh Kepala Pusat Penelitian dan Publikasi, Dr. Jumarim.

Comments

comments